PEKANBARU - Sebanyak 16 orang narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tembilahan melaksanakan progam asimilasi di rumah dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19, Kamis (21/1/2021).

Kepala Lapas Kelas IIA Tembilahan, Julianto Budhi Prasetyono mengatakan bahwa pemberian program asimilasi tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Ham Nomor 32 Tahun 2020 Tentang Tata Syarat Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan.

"Pemberian Hak Asimilasi di rumah ini tentu kita berikan kepada napi yang telah memenuhi persyaratan, kita juga tetap berkoordinasi dengan Pihak Balai Pemasyarakatan Pekanbaru dalam Pengawasan dan Pembimbingan terhadap Narapidana yang sedang menjalani Asimilasi dirumah," terang Budhi.

Untuk diketahui, pemberian asimilasi pada Lapas Kelas II A Tembilahan ini merupakan kegiatan asimilasi perdana yang dilakukan pada tahun 2021.

"Ini program asimilasi perdana yang kita laksanakan di tahun 2021 dan disaksikan oleh PK Bapas melalui VC (Video Call). Alhamdulillah semua berjalan aman dan kondusif. Kita juga akan tetap melakukan pengawasan terhadap para napi yang menjalani asimilasi" tutupnya. ***