CHATHAM KENT -- Komunitas Muslim membeli Gereja St James Presbyterian di McNaughton Avenue, Chatham, Ontario, Kanada, yang sudah lama tidak digunakan.

Setelah dibeli, komunitas Muslim, mengubah gereja tersebut menjadi Chatham Islamic Center (CIC/pusat kegiatan Islam).

Dikutip dari Republika.co.id, komunitas Muslim di kota Chatham-Kent sangat gembira telah memiliki CIC. ''Sungguh perasaan yang sangat luar biasa,'' kata Presiden CIC, Amir Naveed seperti dilansir The Sun Times pada Kamis (18/2/2021).

Naveed bercerita, dulunya komunitas Muslim sering menyewa gedung di beberapa lokasi sebagai pusat kegiatan Islam sejak 2016. Di lokasi-lokasi tersebut dijadikan tempat berkegiatan lebih dari 100 keluarga Muslim. Namun sekarang, mereka tak perlu lagi melakukan hal tersebut karena telah memiliki gedung permanen.

Naveed pun sangat berterima kasih kepada anggota CIC dan komunitas Muslim yang telah memberikan donasi sehingga bisa membeli bangunan itu.

''Ini seperti memiliki kunci rumah baru. Tanpa bantuan mereka, kami tidak akan berdiri di sini hari ini,'' katanya.

Naveed juga menyampaikan apresiasi kepada pengurus dan anggota gereja Presbyterian yang telah memungkinkan pembelian gedung tersebut.

Naveed mengatakan, sebagian besar komunitas Muslim telah tinggal di kota Chatham-Kent sekitar 10-15 tahun.

Sambung Naveed, CIC didirikan dengan dua tujuan, yakni sebagai tempat ibadah dan menjadi pusat pembelajaran bagi generasi mendatang tentang Islam.

''Kami hanya ingin menampilkan sisi positif yang nyata dari umat Islam. Anda akan melihat banyak aktivitas, banyak dialog antar agama terjadi di sini. Kami adalah orang Kanada dan kami ingin generasi masa depan kami menjadi orang Kanada, mengikuti agama yang dianut nenek moyang kami,'' katanya.***