PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru telah mengajukan kembali lelang jasa pengangkutan sampah, setelah sebelumnya sempat dibatalkan. Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris DLHK Kota Pekanbaru, Azhar, Kamis (18/2/2021).

"Kita sudah ajukan tanggal 16 kemarin. Nanti prosesnya berjalan dalam 25 hari kedepan, kita perkirakan pemenang lelang sudah diputuskan dan pengangkutan sampah berjalan sekitar Maret 2021," ujarnya.

Ia menjelaskan, lelang dilakukan di dua zona 1 dan zona 2 wilayah pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru. Zona 1 meliputi Kecamatan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki dan Kecamatan Marpoyan Damai. Sedangkan zona 2 meliputi Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Sail dan Kecamatan Tenayan Raya.

"Nilainya mencapai Rp44,4 miliar. Rinciannya, untuk zona I sebesar Rp22,8 miliar dan zona 2 sebesar Rp21,6 miliar," paparnya.

Sementara itu, Azhar menerangkan bahwa selama menunggu proses lelang, sampah di Kota Pekanbaru diangkut secara swakelola. Melibatkan pihak kelurahan dan kecamatan, serta partisipasi masyarakat umum.

"Saat ini kita lakukan secara swakelola. Kita sampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas kondisi saat ini. Namun, kita bersama dengan instansi terkait berusaha untuk optimalkan pengangkutan sampah ini," pungkasnya. ***