TELUKKUANTAN - Sudah berbulan-bulan, Kepala Desa Dusuntuo, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau hilang. Keberadaannya tidak diketahui oleh masyarakat, membuat urusan desa menjadi terganggu.

Menurut Napisman, Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dissos PMD) Kuansing, Serianto selaku Kades tidak diketahui keberadaan menjelang akhir tahun 2021.

"Dia menghilang, tidak diketahui keberadaannya. Padahal, urusan di akhir tahun sangat banyak. Terutama pencairan dana desa," ujar Napisman, Rabu (5/1/2022) di Telukkuantan.

Napisman tidak membantah, hilangnya Kades Dusuntuo tak terlepas dari kegiatan desa yang tidak tuntas. "Itulah, padahal saya sudah bilang sama Kades, kalau ada masalah, hadapi dan selesaikan."

"Tapi, tu lah. Dia tidak bisa dijumpai dan tak bisa dihubungi sampai sekarang," tambah Napisman.

Agar pemerintahan desa tetap berjalan sebagaimana mestinya, lanjut Napisman, Sekdes Dusuntuo diangkat sebagai Plh Kepala Desa. Kemudian, dia juga diberi kewenangan untuk mencairkan dana desa.

"Secara aturan, kalau sudah lebih enam bulan tidak bisa menjalankan tugas, Kades tersebut diberhentikan," ujar Napisman.

Menghilangnya Kades di Kuansing bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan 2021, Kepala Desa Beringin Jaya, Kecamatan Singingi Hilir, Antonius Wahyu Ningrat yang menghilang. Hingga akhirnya, dia membuat surat pengunduran diri.***