SOLO - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara membuka Festival Media ke-6 di yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Graha Solo Raya, Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/11/2017). Selanjutnya Menkominfo didampingi Ketua Umum AJI Suwarjono, mengunjungi puluhan stan AJI kota dan media yang ada di arena pameran Festival Media ke-6.

Di stan AJI Pekanbaru, Menkominfo berkenan menerima dan memakai tanjak (ikat kepala khas Melayu Riau). Setelah memakai tanjak, Rudiantara berfoto bersama delegasi AJI Pekanbaru dan Ketua Umum AJI Suwarjono.

Dari stan AJI Pekanbaru, Menkominfo bergerak mendatangi stan-stan lainnya dengan tetap mengenakan tanjak berwarna merah yang diberikan AJI Pekanbaru.

Ketua AJI Pekanbaru Firman Agus mengaku sangat senang dengan dikunjunginya stan AJI Pekanbaru oleh Menkominfo. Apa Lagi, Menkominfo bersedia mengenakan tanjak yang diberikan AJI Pekanbaru.

''Kita senang sekali melihat Pak Menteri Kominfo mau memakai tanjak yang kita berikan, sehingga bisa membantu mempromosikan budaya Riau, khususnya tradisi memakai tanjak,'' kata Iping.

Selain tanjak, delegasi AJI Pekanbaru, mempromosikan sejumlah makanan khas dari Riau, di antaranya kue bangkit dan dodol kedondong. Setiap pengunjung yang singgah di stan AJI Pekanbaru, ditawarkan mencicipi kue bangkit dan dodol kedondong. ''Setelah mencicipi satu biji, ada yang nanya, 'bolehkan mencobanya satu lagi?','' ungkap Iping, sambil tersenyum.

AJI Pekanbaru juga mempromosikan Candi Muara Takus, dengan memajang miniatur destinasi wisata sejarah tersebut di stan AJI Pekanbaru. Keberadaan miniatur Candi Muara Takus di stan AJI Pekanbaru, ternyata sangat menarik perhatian pengunjung. ''Banyak juga pengunjung yang berfoto dekat miniatur candi ini,'' ucap Firman.

Delegasi AJI Pekanbaru ke Festival Media ke-6 dan Kongres AJI di Solo, beranggotakan 8 orang. Mereka adalah: Firman Agus, Fakhrurrozy, Eko Faizin, Hasan Basril, Hermawan Hariyadi, Imelda Vinolia, Winahyu Dwi Utami, Dina Febriastuti, Arif Gunawan dan Monang Lubis. ''Ini merupakan delegasi terbesar yang pernah dikirim AJI Pekanbaru mengikuti Festival Media,'' sambung Iping. ***