PEKANBARU - Rencana pembentukan koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pilkada Indragiri Hulu diyakini bisa menjadi kekuatan yang besar dalam menghadapi kubu Petahana.

Seperti yang diketahui, Istri Bupati Yopi Arianto, Rezita Meylani dipastikan maju ke Pilkada Inhu 2020 setelah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dukungan dari dua partai, yakni Golkar (6 kursi) dan Nasdem (3 kursi).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PKS, Markarius Anwar mengatakan, secara prinsipnya PKS dan PKB merupakan sama-sama partai Islam, namun kelompok Islam keduanya cukup berbeda.

"Yang satu dekat dengan kelompok Islam tradisional, yang satu lagi dekat dengan Islam modern. Ini peta menarik, jadi secara basis sudah cukup melingkupi," kata Politisi yang biasa disapa Eka ini kepada GoRiau.com, Minggu (19/7/2020).

Sejauh ini, PKS dan PKB sudah menggelar pertemuan di Pekanbaru yang dihadiri oleh kedua Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) masing-masing partai. Keduanya sepakat untuk membangun koalisi baru.

Adapun opsi Paslon yang akan diusung keduanya adalah Sekretaris DPW PKB Riau Ade Agus Hartanto dan Anggota DPRD Inhu Fraksi PKS, Rizal Zamzami. Kemudian, opsi lainnya adalah Rizal Zamzami akan dipasangkan dengan kader PKB, Yogi Susilo.

Sebelum melaporkan rencana pembentukan koalisi ini ke tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP), kedua belah pihak akan melakukan survey terlebih dahulu. Yakni mensimulasikan antara Ade Agus - Rizal Zamzami atau Rizal Zamzami - Yogi Susilo.

"Ade Agus kan belum pasti juga, karena PKB punya kader lain Yogi Susilo. Kita coba survey dulu. Kalau cocok sama pak Ade, Rizal akan jadi wakil. Tapi kalau cocok dengan Yogi Susilo, maka pak Rizal jadi nomor satu. Jadi masih tergantung survey," tuturnya.

Jika dua partai ini sepakat membentuk koalisi, maka keduanya sudah bisa mendaftarkan paslonnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena sudah mencukupi jumlah kursi.

PKB memiliki empat kursi di DPRD Inhu, dan PKS juga memiliki empat kursi. Adapun jumlah total DPRD Inhu adalah 40 kursi. Syarat untuk mengajukan Paslon adalah 20 persen dari jumlah total.

Artinya dengan modal 8 kursi, PKS dan PKB sudah bisa masuk gelanggang menantang pasangan Rezita Meylani - Junaedi Rahmat. Rezita sendiri merupakan istri dari Bupati Inhu, Yopi Arianto. ***