MADAM ANI, panggilan populer Dr Murniati Mukhlisin M.Acc CFP, memutuskan masuk Islam setelah tamat SMA. Namun, sejak SMA dia sudah mempelajari Islam karena mulai menyadari bahwa Islam adalah agama yang benar. Begini kisahnya.

Dikutip dari Okezone.com yang melansir dari kanal YouTube IOH Inspiring Channel, Madam Ani dibesarkan di tengah keluarga keturunan Tionghoa yang terbuka terhadap semua agama.

''Kita (keluarganya) memang termasuk yang menerima semua ajaran, sepanjang itu menjanjikan kebaikan. Setelah SMA bingung kan, kok semuanya bagus,'' ungkap Madam Ani, dikutip dari kanal YouTube IOH Inspiring Channel, Rabu (27/7/2022).

Saat mengenyam pendidikan SMA, dirinya dipertemukan dengan beberapa teman yang menganut agama Islam. Betapa terkejutnya Madam Ani melihat kebaikan serta keharmonisan keluarga mereka. Dari sana ia meyakini bahwa apa yang dilihat adalah cerminan dari ajaran Islam.

''Semua keluarganya Masya Allah, harmonisnya, sholatnya, sopan santunnya, saya bilang ke diri saya pada saat itu, 'Inilah Islam.' Sehingga menjadikan saya bertekad kalau saya punya keluarga nanti saya ingin menjadi keluarga yang seperti mereka,'' kata Madam Ani.

Momen itu kemudian menjadi titik poin baginya untuk makin mendalami ajaran agama Islam. Sampai-sampai Madam Ani rela merantau ke Jakarta.

Di Jakarta, Allah Subhanahu wa ta'ala menunjukkan jalan Madam Ani menuju Masjid Istiqlal dan bertemu dengan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia. Di Masjid Istiqlal itulah dia bersayahadat dan memeluk agama Islam. Tapi tentu saja, cobaan yang dirasakan olehnya cukup besar.

''Sampai di Jakarta numpang, dan itu luar biasa galaunya. Bagaimana cara biar bisa hidup, berharap bisa diterima oleh keluarga di Jakarta, tetapi tidak diterima. Numpang enggak boleh, waduh besok harus cari kerja,'' ujarnya.

Beruntung, Madam Ani mendapat orangtua angkat. Namun di awal masa tinggal, dia tidak langsung disukai oleh sang ibu angkat.

''Karena pengalaman mualaf ada yang baik dan tidak, menurut ibu angkat ini saya mualaf yang bandel lah gitu. Waktu datang enggak pakai jilbab, pakaian ya biasalah anak muda,'' tuturnya.

Di tengah cobaan yang dirasakan, para mualaf lainnya membantu Madam Ani dalam mendapatkan pekerjaan. Ketika lulus SMA, ia bekerja di salah satu bank berkat bantuan rekan mualaf.

Hingga akhirnya Madam Ani pun berhasil mendapatkan beasiswa. Tidak tanggung-tanggung, beasiswa tersebut menawarkannya untuk kuliah di Institute Islamic University Malaysia.

Berbagai cobaan yang diterima, tidak menggoyahkan hatinya untuk tetap berpegang teguh pada Islam. Madam Ani mengatakan, makin menjaga komitmen Islam, kemudahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala pun terus mengalir deras.

Kini, Dr Murniati Mukhlisin M.Acc CFP alias Madam Ani merupakan Rektor Institut Agama Islam (IAI) Tazkia. Dia memajukan lembaga pendidikan tinggi Islam tersebut bersama para rekan mualaf lainnya, termasuk Dr Muhammad Syafii Antonio.***