SELATPANJANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau akan membuka pendaftaran untuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat kelurahan dan desa untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal mengungkapkan bahwa pendaftaran dibuka secara umum bagi yang memenuhi syarat.

"Penerimaan berkas bagi calon anggota Panwaslu kelurahan dan desa akan dimulai pada 14 hingga 19 Januari 2023 mendatang," ujar Syamsurizal kepada GoRiau.com, Rabu (11/1/2022).

Dijelaskannya, pendaftaran Panwaslu kelurahan dan desa tersebut membutuhkan kuota sebanyak 101 orang, sesuai jumlah kelurahan dan desa di kabupaten termuda di Riau.

"Jadi setiap kelurahan atau desa itu dibutuhkan satu orang. Proses pendaftarannya dilakukan secara manual atau offline dengan memenuhi ketentuan syarat yang berlaku sesuai peraturan dan perundang-undangan," jelasnya.

Dijelaskan pula, ada 15 poin syarat yang harus dipenuhi pendaftar. Untuk detailnya bisa dicek melalui media sosial facebook Bawaslu Kepulauan Meranti atau langsung ke kantor panwaslu di masing-masing kecamatan.

"Calon anggota Panwaslu tingkat kelurahan atau desa yang lolos seleksi administrasi akan menjalani tes wawancara pada 31 Januari hingga 2 Februari dan hasilnya akan diumumkan pada 4 Februari. Sementara untuk pembekalan dan pelantikan akan dilakukan pada 5 hingga 6 Februari 2023 mendatang," pungkasnya.***