PEKANBARU - Ketua Umum Gerindra, Pabowo Subianto secara resmi menetapkan Anggota DPR RI Dapil Riau 1, Muhammad Rahul sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Pekanbaru. Rahul ditunjuk menggantikan Ketua DPC yang lama, Esweli.

Rahul sendiri merupakan putra dari Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Muhammad Nasir dan juga keponakan dari Mantan Bendahara Umum Demokrat, Muhammad Nazaruddin.

Penunjukkan Rahul dibenarkan oleh Mantan Ketua DPC Gerindra Pekanbaru, Esweli. Esweli mengaku pihaknya menerima keputusan tersebut dengan lapang dada, karena hal ini biasa dalam dinamika politik.

"Mungkin pak Prabowo menurunkan anggotanya selama ini untuk evaluasi kepemimpinan di DPC Pekanbaru dan bagi saya tidak ada masalah," kata Esweli, Kamis (22/7/2021).

Berdasarkan hasil di dua kali Pemilu, DPC Gerindra Pekanbaru mengalami kenaikan kursi teus,

Saat ditanya terkait prestasi Gerindra selama kepemimpinannya menaikkan jumlah kursi Gerindra sampai saat ini duduk sebagai pimpinan, menurut Esweli dirinya menyerahkan semuanya ke pusat yang memiliki kewenangan.

"Saya tidak menyebut kalau saya punya prestasi, yang tahu prestasi itu adalah masyarakat yang menilai, jadi kita serahkan saja ke DPP,"ujarnya.

Esweli juga mengharapkan Gerindra di tangan Rahul bisa lebih maju kedepannya, dan berharap agar Rahul bisa merangkul semua pihak di Gerindra Kota Pekanbaru.

"Kita akan bersama membangun Gerindra, dan harapan kita dengan Rahul sangat besar untuk Gerindra Pekanbaru,"ujar Esweli.

Menanggapi penetapan sebagai ketua tersebut Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Gerindra Riau, Nurzafri mengatakan proses itu sudah melalui proses evaluasi. Dan DPP tentu memiliki penilaian dan pertimbangan tersendiri.

Apalagi kata Nurzafri kedepannya Rahul juga memiliki target akan menambah kursi DPRD Pekanbaru, minimal jadi ketua DPRD Kota Pekanbaru.

"Yang jelas mekanisme itu menjadi hal yang biasa,"ujar Nurzafri. ***