BENGKALIS-Sempena Peringatan Hari Jadi ke-505 Bengkalis, Bupatti Bengkalis Amril Mukminin beserta rombongan melakukan ziarah dan tabur bunga ke tempat bersejarah, yakni Taman Makam Pahlawan Kusuma Ksatria, makam Panglima Minal, Dara Sembilan serta makam Datuk Laksamana Raja Dilaut, Minggu (30/7/2017).

Kegiatan ziarah ini diikuti Wakil Bupati Bengkalis H Muhammad, Kepala Pengadilan Negeri Bengkalis Sutarno, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Rizal Faizal Helmi, Ketua Majelis Kerapatan Adat Melayu Riau Kabupaten Bengkalis H Zainuddin Yusuf dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga yang dilakukan bupati beserta rombongan di makam pahlawan ini, dilaksanakan usai menghadiri sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Bengkalis.

Selain ziarah, mantan Kepala Desa Muara Basung ini juga menyerahkan bantuan kepada ahli waris. ''Sejarah adalah masa lalu. Namun ianya merupakan aset yang paling berharga, karena sejarah merupakan sumber ilmu, sumber kebijaksanaan, dan sumber kekuatan,'' jelas Amril.

Pada kesempatan itu Amril juga menegaskan, kehidupan manusia selalu harus berdialog dengan sejarah masa lalu untuk dapat membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa yang akan datang.

''Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Karena pembangunan yang kita rasakan saat ini adalah buah hasil dari sejarah yang diukirkan para pejuang kita masa lalu,'' tutup Amril.

Ditambahkan Amril, di tengah tatanan nilai-nilai universal yang dianut masyarakat global, maka sebagai anak watan negeri ini, setiap warga Bengkalis, harus mampu serta memiliki kewajiban yang sama untuk mempertahankan jati diri negeri ini.

Kata Amril, agar jati diri daerah ini dapat dipertahankan, setiap anak negeri ini harus mengetahui dan memahami kandungan nilai-nilai sejarah yang dimiliki Bengkalis.

''Tanpa mengerti dan menguasai sejarah dimaksud, kita akan kesulitan bahkan mungkin sama sekali tak dapat menjadikan identitas itu sebagai salah satu kekuatan untuk meraih masa depan yang lebih baik,'' pesannya.

Amril berharap, dengan peringatan Hari Jadi ke-505 Bengkalis dan kegiatan ziarah ke sejumlah makam yang dilaksanakan setiap tahunnya itu, dapat memperkuat jati diri dan menyegarkan ingatan tentang masa lalu.

Sebagai bagian tak terpisahkan dari perjalanan panjang negeri ini, kata Amril, termasuk sejarah yang ditorehkan Datuk Laksamana Raja Dilaut, juga dapat dijadikan tempat bertanya dan wadah bercermin.

''Dapat dijadikan tempat mencari tunjuk ajar, apakah kita yang nantinya juga akan menjadi bagian sejarah Bengkalis, saat ini sudah berbuat maksimal atau belum. Telah memberikan bakti terbaik buat negeri ini atau belum,'' imbuhnya.

Jika belum, ajaknya, melalui esensi yang senantiasa ditumbuhkembangkan melalui peringatan Hari Jadi Bengkalis tiap tahunnya, kita harus bergegas melakukannya, harus segera berbuat, mesti cepat melaksanakannya.#BENGKALIS