JAKARTA - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI, dr. Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, virus korona bisa hidup di benda mati seperti uang kertas dan pulpen.

"Iya benar," kata Nadia saat dikonfirmasi GoNEWS.co, Minggu (25/7/2021).

"Seperti di kertas (kertas biasa seperti kardus) itu bisa 4 jam, dan di uang kertas bisa 4 hari. Kalau pulpen yang metal atau palstik bisa 2-3 hari," imbuh Nadia menjelaskan.

Karenanya, kata Nadia, pihaknya mengimbau agar masyarakat rajin mencuci tangan setiap kali selesai memegang benda mati yang mungkin saja dihinggapi virus korona.

"Harus selalu cuci tangan," tandas Nadia.

Nadia menjelaskan, pada prinsipnya, keberadaan virus korona di benda mati itu bisa terjadi ketika benda mati tersebut terkena droplet dari orang yang positif Covid-19. Ia berharap, setiap orang lebih meningkatkan kewaspadaan dan menegakkan protokol kesehatan di keseharian.

Sebelumnya, beredar catatan bahwa Seniman, Eros Djarot terpapar Covid-19 padahal Ia sedang mengasingkan diri di villa nya dan tidak berinteraksi dengan orang. Setelah mencoba melakukan penelurusan pada jejak aktivitas pribadinya sendiri, Ia menduga Ia terpapar virus korona dari uang kertas.

"Saya pernah suruh pembantu pergi belanja. Beli apa gitu, mungkin di uang kembalian itu menempel virus," kata Eros sebagaimana dikutip dari TobaSatu.

Situs itu menyebut, cerita Eros Jarot yang mereka publikasikan itu merupakan catatan Ilham Bintang.***