PEKANBARU - Dari Hasil pertandingan kejuaraan bulutangkis nasional, Daihatsu Astec Open 2017 Seri I Pekanbaru, Riau. Banyak hal yang harus ditingkat dari pembinaan atlet-atlet bulutangkis Riau.

Hal itu terlihat dari hasil yang diraih atlet Riau selama mengikuti kejuaraan Daihatsu Astec Open 2017 Seri I yang berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 4 April dan berakhir pada tanggal 8 April 2017 kemarin di Gelanggang Remaja Pekanbaru.

"Kejuaraan ini menjadi pengukur atlet-atlet Riau untuk menjadi lebih baik di tingkat nasional," kata Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Riau, Yuharman, Minggu (9/4/2017).

Kepada GoRiau.com (GoNews Grup), Yuharman menuturkan sepanjang mengikuti kejuaraan yang ditaja Daihatsu bersama Astec (Alan dan Susy Technology) ini, atlet Riau cukup dominan dibeberapa kategori.

"Namun, dibeberapa kategori pertandingan, kita (atlet Riau) juga ada kekurangan dan ini menjadi tantangan bagi kita untuk melakukan pembinaan lebih maksimal lagi," imbuhnya.

Terlepas dari beberapa kekurangan dari atlet-atlet muda bertalenta di Riau, Yuharman mengungkapkan, seluruh atlet Riau yang ikut serta dalam Daihatsu Astec Open 2017 Seri I ini cukup berprestasi.

"Semua atlet Riau, baik yang memang berlatih di Riau atau yang atlet Riau yang dititipkan dan magang di sejumlah Perkumpulan Bulutangkis (PB) di pulau Jawa, cukup berprestasi dan bahkan menjadi juara," terangnya.

Dilanjutkannya, dengan diadakannya Daihatsu Astec Open 2017 Seri I di Pekanbaru, yang mayoritas diikuti atlet-atlet se-Sumatera ini, Ia bisa melihat permainan atlet-atlet junior Sumatera.

"Dari kejuaraan ini, kita bisa melihat, mana-mana saja yang kiranya menjadi saingan bagi atlet bulutangkis kita. Nantinya, akan kita berikan pembinaan untuk mampu bersaing dikejuaraan, khususnya PON," ucapnya.

Yuharman pun berharap event kejuaraan bulutangkis ini kembali digelar di Riau. "Tingginya animo masyarakat dan bantuan dari pemerintah, kita berharap kejuaraan-kejuaran ini bisa diadakan kembali di Riau untuk tahun depan," pungkasnya.***