TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Kian hari kebutuhan akan darah di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) semakin meningkat, Komunitas Donor Darah Inhil (KDDI) mencatat, setiap hari pasien yang meminta KDDI menyediakan darah mencapai 600 kolf darah.

KDDI sendiri sudah berdiri hampir 2 tahun lamanya, dimana secara umum tugas komunitas ini membantu menyediakan kebutuhan darah dari Rumah Sakit Umum maupun swasta yang ada di Inhil, meskipun proses pengambilan darah tetap dilaksanakan di PMI Inhil.

Ketua KDDI, Hendri Irawan kepada GoRiau.com, Minggu (28/9/2014) mengatakan kasus yang paling banyak ditemuinya dalam membutuhkan persiapan darah adalah pendarahan pasca melahirkan dan persiapan operasi.

''Sudah makin banyak yang kenal KDDI, jadi setiap ada yang butuh darah pasti hubungi kita,maka kita juga langsung carikan darah yang dibutuhkan tersebut, tanpa kita pungut biaya sepeserpun,'' kata Iwan.

Ditambahkan Iwan, saat ini jumlah pendonor tetap yang ada di KDDI mencapai lebih dari 1000 orang, meskipun demikian karena jumlah kebutuhan darah mencapai 600 kolf perhari, pihaknya sempat kewalahan memenuhi kebutuhan darah yang diminta.

''Satu orang pendonor itukan hanya 3 bulan 1 kali bisa donor, sementara kebutuhan darah dari pasien banyak. Tapi Alhamdullilah kita bisa saja memenuhi itu,'' tambah Iwan.

Cara kerja KDDI sendiri dikatakan Iwan, akan membroad cast pesan jika ada pasien yang memerlukan darah, dan biasanya dikatakan dia, jika ada yang bergolongan darah seperti yang dibutuhkan langsung menghubungi dirinya.

''Setiap hari saya selalu broad cast itu, mungkin ada sebagian orang yang merasa terganggu, namun saya tidak peduli. Yang terpenting kami dapat membantu mereka yang lagi membutuhkan darah,'' lanjutnya.

Iwan berharap, jumlah relawan atau pendonor tetap di KDDI terus bertambah, sehingga jika ada pasien yang membutuhkan darah tidak perlu menunggu lama. Apalagi dikatakan dia, setiap dari manusia suatu saat pasti membutuhkan darah, entah itu diri sendiri atau untuk keluarga, jadi jika menjadi pendonor tetap akan lebih mudah jika suatu hari nanti juga membutuhkan darah.

''Beramalah sebanyak mungkin, karena sesungguhnya kita tidak mengetahu amal mana yang mengantarkan kita ke surga, semoga saja dengan amalan donorlah kelak akan mengantarkan kita kesurga,'' tutup Iwan.(ayu)