JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Mahyudin, mengapresiasi kehadiran kaum disabilitas dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWPI) dan generasi muda di Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (17/03/2019).

"Kita hadir di tempat ini karena disamakan persepsi agar Indonesia lebih baik. Kita yang hadir di sini adalah orang yang cinta NKRI," kata Mahyudin.

Mahyudin melanjutkan, Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, bukan sekedar penyegar keilmuan atau transfer kelimuan melainkan juga upaya untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara dalam ke-bhineka-an, "Sebab tak ada jaminan satu negara utuh selama-lamanya,".

Ia mencontohkan, sejarah Uni Soviet yang gagal mempertahankan kesatuan Bangsanya hingga akhirnya bubar dan terpecah menjadi beberapa negara.

Ads
"Bahkan bubarnya dengan menyisakan derita dan air mata," tuturnya.

Indonesia yang terdiri dari ribuan suku, kata Mahyudin, diuntungkan dengan Pancasila sebagai dasar negara yang mengakomodir kepentingan kesatuan Bangsa. "Pancasila-lah yang mempersatukan kita," ujarnya.

"Agar Indonesia maju maka persatuan harus diperkuat. Dalam persatuan ada stabilitas. Kondisi demikianlah yang perlu dipertahankan," imbau Mahyudin.***