PEKANBARU - Dunia industri wajib berbenah dan meningkatkan kapasitasnya untuk dapat bersaing. Begitu pula peningkatan kapasitas pekerja sebagai komponen penting dalam dunia Industri. Peduli dengan hal tersebut, Serikat Pekerja (SP) Riau Pulp mengadakan pelatihan guna menguatkan integritas motivasi dan kebersamaan menuju kejayaan era revolusi industri 4.0 untuk karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Pelatihan ini diisi Trainer Nasional, Mas'ud Tahidin S.Pt, MM, CPHRM. Dalam materinya, ia memberikan bagaimana menjadi seorang pemimpin dan hal apa saja yang dibutuhkan menjadi seorang pemimpin di era sekarang.

Ia mengatakan sumber daya manusia menentukan kemajuan perusahaan. Terlebih lagi, Indonesia sudah harus siap menghadapi revolusi industri 4.0 atau industri generasi keempat.

"Pemimpin harus memiliki leadership yang bagus. Banyak yang harus diantisipasi dengan cepat dan tepat. Antara lain revolusi industri, berupa menghadapi proses perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Perubahan teknologi yang luar biasa ini harus kita antisipasi dalam menghasilkan SDM,” ujarnya.

Ketua SP Riaupulp, Jon Afrizal menuturkan pelatihan ini diberikan kepada anggota SP untuk meningkatkan pengetahuan mereka dalam memasuki industri 4.0. Agar para pekerja harus siap dengan perubahan tersebut.

"Adanya pelatihan ini, karyawan diharapkan siap dengan perubahan-perubahan di era industri 4.0," jelasnya, Minggu (13/1).

Senada dengan Jon Afrizal, Employee Relation PT RAPP mengatakan ini sangat baik untuk para karyawan. Pelatihan ini memotivasi para pekerja untuk siap menghadapi era industri 4.0.

"Kami apresiasi dengan SP Riaupulp yang telah mengadakan pelatihan ini untuk karyawan RAPP. Adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan karyawan mengenai industri 4.0," tutupnya. (rls)