PEKANBARU – Wakil Ketua Komisi V DPRD Riau, Karmila Sari, menghadiri peresmian Pondok Pesantren Basma Darulilmi Wassa’dah oleh Gubernur Riau, Syamsuar, di Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu (30/7/2022).

Dalam peresmian ini, hadir pula Wakil Ketua DPRD Riau, Syafaruddin Poti, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kanwil Kemenag Riau dan beberapa pejabat terkait.

Karmila meyakini, Ponpes ini nantinya akan menjadi salah satu Ponpes terbaik di Riau, maupun nasional. Mengingat, Ponpes ini dipimpin oleh pemilik yang konsisten dalam syiar agama Islam dan bangunan Ponpes ini berada di atas lahan yang cukup luas serta fasilitas yang sangat mendukung.

Bahkan di tahun pertamanya ini, Ponpes tersebut menerima pendaftar sebanyak 2000 calon santri, namun hanya hampir 600 yang diterima. Mayoritas santri yang diterima berasal dari MTs, atau sekolah islam sederajat.

Berdasarkan penjelasan dari pendiri Ponpes, H Bakhtiar Madjid, pendirian Ponpes ini berawal saat H Bakhtiar berada di tanah suci, Mekah.

GoRiau
Disana, dia merasa ada yang memukul pundaknya tiga kali dan bilang 'bangun pesantren', namun saat menoleh kebelakang, ternyata tidak ada satupun orang.

Sesampainya di Rokan Hulu, H Bakhtiar langsung memulai pembangunan pesantren tahun 2017, dan barulah di tahun 2022 ini bisa diresmikan, bertepatan dengan 1 Muharram 1444 dan hari lahir H. Bakhtiar yaitu 30 Juli.

GoRiau
Dan tentunya, ini berkat mendapat amanah dari Allah dan diizinkan serta diberi kemampuan oleh Allah SWT untuk mendirikannya.

Untuk pengelolaan pesantren,H. Bakhtiar menyerahkan kepada anaknya, yakni Tuan Guru Haji Muhammad Fadli yang merupakan generasi ke tiga ulama di Luhak Kepenuhan Negeri Beradat dan generasi keempat dari nasab tuan Haji Yahya Ansharuddin, pendiri Pondok Pesantren Darul Ulum Kota tengah di Luhak Kepenuhan yang pertama.

Buya Fadli Bakhtiar sendiri baru balik ke kampung halaman setelah menyelesaikan pendidikannya selama 4 tahun di Al Manzil Al Malikiyah, Mekah, Arab Saudi.

Dengan usia TGH Fadli yang masih muda, Karmila menilai masa depan Ponpes ini akan menjadi lebih baik kedepannya. Sebab, TGH Fadli tentu memahami karakteristik anak-anak sekarang.

"Kenakalan remaja saat ini kan semakin tak terkendali, apalagi narkoba, pemakaian gadget yang berlebihan dan tidak sesuai peruntukannya. Makanya, pendidikan pesantren modern begini sangat kita perlukan, apalagi pimpinan pesantrennya masih muda, tentu bisa membaca kebutuhan anak-anak sekarang. Moga kedepan juga menjadi santri yang juga berjiwa enterpreneurship," kata Karmila.

"Intinya, kita berharap Ponpes ini bisa melahirkan generasi muda yang berperilaku dan berpola pikir islami, Insya Allah kedepan akan banyak lahir calon pemimpin hebat dari sini," tambahnya.

Sebagai informasi, Ponpes ini berlokasi di Jalan Lintas Provinsi Riau Simpang Kumu, Kota Tengah daerah Galian Tanah, Desa Kepenuhan Barat Mulia Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu Riau. ***