PANGKALAN KERINCI - Sejak bulan lalu, hampir merata di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau mengalami kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Upaya pemadaman disejumlah lokasi masih terus dilakukan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LJK) Siti Nurbaya, Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Panglima TNI Marskal Hadi Tjahjanto meninjau lokasi kebakaran di Kecamatan Langgam, Selasa (13/8/2019).

"Disampaikan Panglima TNI sama Kapolri, bahwa dilihat dari atas beberapa daerah dikatakan ada titik api," ungkap Bupati Pelalawan, HM Harris dikonfirmasi GoRiau.

Lanjut dia, titik api yang terlihat dari atas tidak begitu besar namun kecil, namun begitu titik api hampir menyeluruh di wilayah Pelalawan.

Ads
"Merata juga tidak, tapi kebanyak seluruh daerah sudah kena. Masih diusahakan dipadamkan dan ada juga yang sedang dilakukan pendinginan," jelasnya.

Menurut Bupati Harris, upaya penanggulangan Karhutlah diperkuat oleh tim rayon yang ada diseluruh kecamatan yang ada. Termasuk regu pemadam kebakaran (RPK) perusahaan.

"Kalau Pemda, bagaimana berkoordonasi dengan tim rayon dan seluruh perusahaan untuk melakukan prmadamam sesuai dengan wilayah masing-masing," tandasnya, usai meninjau Karhutla bersama Menteri LHK, Kapolri dan Panglima TNI di Langgam.*