BENGKALIS, GORIAU.COM - Kebakaran lahan perkebunan milik masyarakat di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bengkalis terus meluas. Hingga Selasa (4/2) titik api terus bertambah dan diperkirakan lahan perkebunan yang terbakar sudah mencapai ratusan hektar.

''Memang benar, dari laporan yang saya terima sejumlah titik api terus bertambah di sejumlah kecamatan, diantaranya di pulau Bengkalis, Bukit Batu, Siak Kecil dan Rupat. Lahan yang terbakar saat ini pada umumnya kebun masyarakat dan diperkirakan sudah mencapai ratusan hektar,'' ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah-Pemadam Kebakaran (BPBD-Damkar) Kabupaten Bengkalis, Muhammad Jalal, Selasa (4/2).

Pulau Bengkalis terdapat 4 titik api dan yang terparah di Desa Kelemantan dan Desa Temeran Kecamantan Bengkalis, dimana lahan perkebunan milik masyarakat yang terbakat diperkirakan sudah mencapai puluhan hektar.

''Di Pulau Bengkalis ada 4 titik api, 3 titik api  di KEcamatan Bukit Batu, 1 titik di Desa Muara Dua Kecamatan Siak Kecil dan 11 titik api lagi di Desa Pergam Kecamatan Rupat,'' ungkapnya.

Upaya pemadaman terus dilakukan, di antaranya di wilayah Bengkalis menurunkan tim dari BPD Damkar, Badan Lingkungan Hidup, Masyarakat Peduli APi (MPA) yang ada di setiap desa dan juga dibantu oleh masyarakat, kesulitan saat ini wilayah yang terbakar pada umumnya kebun milik masyarakat, tanah gambut dan ditambah cuaca yang sangat panas membuat api dengan cepat membakar lahan pekebunan.

''Di setiap kecamatan kita sudah menurunkan tim untuk melakukan pemadaman, akan tetapi wilayah yang terbakar kondisi tanah gambut membuat api dengan cepat berpindah tempat, untuk itu upaya yang bisa kita lakukan dengan melakukan pembatasan agar api tidak berpindah tempat,'' tutupnya.(jfk)