PANGKALAN KERINCI - Dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau membuat udara tidak sehat khususnya di Kabupaten Pelalawan. Dampak asap, warga mulai menderita infeksi saluran pernapasan (ISPA).

Kondisi ini menarik perhatian relawan sampai perusahaan untuk memberikan masker pada masyarakat guna mengurangi dampak dari kualitas udara yang tidak sehat.

Satu diantaranya perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Musim Mas memberikan bantuan masker ke Pemerintah Daerah (Pemda) Pelalawan. Bantuan masker sebanyak 5.000 lembar diterima langsung Bupati Pelalawan, HM Harris didampingi pejabat Dinas Sosial (Dissos), Jumat lalu.

"Ini bentuk kepedulian kita, dengan kondisi asap yang melanda Riau khusunya Pelalawan. Kita memberikan 5.000 masker ke Pemda," kata Manager Humas PT Musim Mas, Ibrahim.

Ads
Selain bantuan masker, sebut Ibrahim perusahaan juga turut serta membantu untuk melakukan pemadaman api yang terjadi di Desa Kesuma dengan menurunkan tim pemadam kebakaran (TPK) perusahaan.

"Kita juga menurunkan tim membantu pemadaman di Desa Kesuma yang dilengkapi dengan mobil pemadam beserta mesin pemadam. Hal ini untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan dan lahan," ujar Ibrahim.

Bupati Pelalawan memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berkontribusi dalam upaya menjaga dan turut serta melakukan pemadaman kebakaran di wilayah operasionalnya. Ia juga memberikan apresiasi perusahaan yang peduli kesehatan masyarakat dengan memberikan bantuan masker.

"Kalau Pemda, bagaimana berkoordonasi dengan tim rayon-rayon seluruh perusahaan untuk melakukan prmadamam sesuai dengan wilayah masing-masing," tandasnya kepada GoRiau, usai meninjau Karhutla bersama Menteri LHK, Kapolri dan Panglima TNI di Langgam, Selasa (13/8/2019).*