PEKANBARU - Juru Bicara Penanganan Covid-19 di Provinsi Riau, dr Indra Yovie meminta seluruh kabupaten kota di Riau, untuk menggencarkan kembali ajakan atau kampanye protokol kesehatan 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Kami sudah meninjau beberapa tempat saat di perjalanan, kami melihat iklan ataupun layanan masyarakat terkait imbauan ajakan untuk memakai masker menjaga jarak menjauhi kerumunan itu kayaknya sudah banyak berkurang. Makanya kami berharap kalau misalnya ada media-media advertising daripada dibiarkan kosong mending diisi dengan ajakan untuk mematuhi protokol kesehatan, ajakan memakai masker," kata Yovie di Posko Penanganan Covid-19 di Gedung Daerah Provinsi Riau, Sabtu (8/5/2021).

Ia juga menyarankan agar layanan masyarakat tentang ajakan mematuhi Prokes itu disajikan dengan kekinian untuk menarik perhatian kalangan anak muda.

"Kita tahu orang-orang yang menularkan Covid-19 adalah orang-orang muda berusia 18 sampai 40 tahun. Tetapi yang meninggal (korbannya, red) adalah orang-orang tua yang usianya 55 tahun keatas. Jadi iklan layanan masyarakat tentang 4M ini, jangan hanya menampilkan kepala daerah saja, nanti mereka bosan. Kan bisa ditampilkan dengan kekinian atau menggandeng anak muda juga untuk mengajak anak muda lainnya," jelasnya.

Pada intinya, kata Yovie, pemerintah tak henti-hentinya terus menghimbau masyarakat agar tidak sampai lengah dengan protokol kesehatan.

"Sudah setahun lebih kita sosialisasi terkait ajak memakai masker, mematuhi Prokes. Seharusnya tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk mengatakan belum mendapat sosialisasi. Dan kita tentunya tidak lelah terus mengingatkan itu (patuhi Prokes, red), agar masyarakat tidak lengah," tukasnya. ***