PEKANBARU - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Riau, Sugianto mengimbau agar Dinas Peternakan segera melakukan pemeriksaan terkait kesediaan dan kesehatan hewan kurban.

"Kita akan surati Dinas Peternakan untuk mengecek kesediaan hewan kurban. Termasuk kesehatan hewan yang akan dipotong, jangan sampai ada hewan yang terkena penyakit," jelas Sugianto, Selasa (23/7/2019).

Dikatakannya, pemeriksaan ini merupakan rutinitas tahunan yang harus dilakukan Dinas Peternakan. Ditambah lagi, ia memprediksi, bahwa tahun ini antusias masyarakat untuk berkurban semakin meningkat.

"Jadi kita kan tahu, masyarakat Provinsi Riau 60 persennya itu berkurban. Tahun ini juga kita prediksi jumlah sapi kurban akan meningkat. Makanya kondisi hewan kurban ini harus benar-benar disiapkan," tambah politisi PKB tersebut.

Mengenai harga di pasaran, Sugianto mengatakan bahwa kenaikan harga daging sapi di Provinsi Riau masih dalam tahap wajar.

"Sapi di Riau banyak disuplai dari luar karena kita tidak mampu menyiapkan hewan kurban. Kalau Idul Adha harga daging memang biasa naik tetapi masih dalam batas wajar. Tidak ada lonjakan," tutupnya.***