PEKANBARU - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) akan diumumkan serentak pada Jumat (22/3/2019) pukul 16.00 WIB. Perubahan jadwal pengumuman ini sehari lebih cepat dari tanggal yang ditentukan.

Menurut Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo Widyobroto melalui surat edarannya mengatakan, pengumuman SNMPTN 2019 dimajukan sehari lebih cepat dari jadwal semula tanggal 23 Maret. Percepatan jadwal pengumuman ini dilakukan agar siswa yang tidak lulus jalur SNMPTN, bisa mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang pertama.

"Mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat, dan agar bisa memberi kesempatan bagi sisiswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I," tulis di laman webnya, Jumat (22/3/2019).

Pengumuman SNMPTN 2019 ini akan disampaikan secara online melalui portal https://pengumuman.snmptn.ac.id/. Namun, Jika peserta kesulitan mengakses portal tersebut, LTMPT mengimbau agar mengecek hasil pengumuman melalui 12 laman berikut:

https://snmptn.unsyiah.ac.id
https://snmptn.unand.ac.id
https://snmptn.unsri.ac.id
https://snmptn.ui.ac.id
https://snmptn.ipb.ac.id
https://snmptn.itb.ac.id
https://snmptn.undip.ac.id
https://snmptn.ugm.ac.id
https://snmptn.its.ac.id
https://snmptn.unair.ac.id
https://snmptn.untan.ac.id
https://snmptn.unhas.ac.id

Seperti yang diketahui, bagi peserta yang telah lulus jalus SNMPTN tidak diperbolehkan mendaftar jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dan bagi peserta SBMPTN wajib mengikuti UTBK.

Dan peserta yang tidak lulus SNMPTN 2019, bisa mendaftar UTBK Gelombang pertama. Karena pendaftaran ini masih dibuka hingga 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB. ***