JAKARTA - Gerah dengan maraknya penipuan sejumlah agen Travel bodong dalam perjalanan umrah, Politikus PDI Perjuangan (PDIP) menyebutテつKementerian Agamaテつ(Kemenag) bangsat.

Pasalnya kata dia, Kementrian Agama tak bisa menangani secara clear atas maraknya penipuan travel bodong dalam perjalanan ibadah umrah.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP,テつArteria Dahlanテつnampak kesal terhadap Kemenag yang dinilai tidak sigap melakukan pencegahan kepada sejumlah travel yang menipu rakyat untuk berangkat ibadah umrah.

"Ini kementerian agama bangsat Pak semuanya, saya buka-bukaan Pak, saya ngomong sama Pak Menteri Agama sama Pak, malah dikatakan terimakasih Mas Arteri, saya diingatkan," kata Arteria, saat rapat kerja Kejaksaan Agung dengan Komisi III DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/3/2018) kemarin.

Seharusnya, kata Arteria, pemerintah khususnya aparat penegak hukum melakukan pencegahan. Sehingga, kejahatan penipuan atas perjalanan ibadah umrah tersebut tidak terjadi.

Selain Kemenag, Arteria juga mengkritisi Kementerian Pariwisata. Menurutnya, Kementerian Pariwisata tidak seharusnya menyalahkan rakyat yang menjadi korban penipuan.

"Kementerian pariwisata sama pak, mana ada publik di republik ini yang disalahkan, kok kalian percaya ongkos umroh murah, terang saja kalian ditipu, itu yang saya katakan sakit," tegasnya.

Kata Arteria, pemerintah dan aparat penegak hukum seharusnya hadir dan proaktif dalam menyikapi sejumlah travel umroh bodong tersebut.

"Negara harus hadir di sini pak, begitu ada 13 juta, tanyain, kok kamu bisa jual 13 juta. Kejaksaan Agung seharusnya progresif melihat ke sana," tegas Arteria Dahlan. ***