PEKANBARU - Jamaah haji asal Provinsi Riau yang telah menuntaskan ibadah hajinya akan mulai kembali ke tanah air pada Minggu (18/8/2019) mendatang.

Ketua Harian Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan, bahwa jamaah haji asal Kota Pekanbaru akan menjadi jamaah yang pulang perdana pada tanggal tersebut.

"Kepulangan jamaah haji Riau untuk kloter pertama Insya Allah tanggal 18 Agustus malam mendarat ke Batam. Kemudian tanggal 19 dinihari sampai di Pekanbaru. Lalu paginya setelah dilakukan proses penyambutan jamaah langsung kembali ke rumah masing-masing," kata Ahmad Syah di Pekanbaru, Selasa (13/8/2019).

Nantinya, para jamaah haji ini akan mengikuti pelepasan di Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau sebelum pulang ke rumah masing-masing. Kemudian dari EHA Riau, para jamaah haji akan menuju ke posko kabupaten/kota. Untuk Pekanbaru, posko jamaah ada di Kantor Kemenag Pekanbaru, Jalan Arifin Achmad Pekanbaru.

Ads
"Setibanya di Pekanbaru, jamaah haji terlebih masuk ke EHA Riau. Penyambutan awal diharapkan dilakukan langsung oleh pak Gubernur," terangnya.

Terkait air zam-zam milik jamaah haji, dikatakan Ahmad Syah sudah seluruhnya berada di Pekanbaru. Dimana air zam-zam sudah diangkut menggunakan pesawat yang sebelumnya mengantar jamaah ke tanah suci.

"Untuk air zam-zam jamaah seluruhnya sudah sampai di Pekanbaru. Sesuai arahan pak Gubernur air zamzam langsung kita serahkan ke kabupaten/kota, selanjutnya mereka diserahkan ke keluarga jamaah. Sedangkan koper nanti dibawa bersama jamaah," tukasnya. ***