PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Inhu - Kuansing, Ade Agus Hartanto mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera mengambil tindakan terhadap kerusakan jalan di lintas Kelayang - Peranap.

Dikatakan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB ini, kerusakan jalan sudah sangat parah bahkan setiap hari ada saja mobil yang tumbang, akibatnya terjadi kemacetan panjang.

"Jalan ini menjadi jalan sentral untuk transportasi masyarakat disana, itu harus diperbaiki bukan sekedar ditimbun, ini musim hujan. Dan kondisi ini sudah berlangsung sejak 5-6 bulan lalu," kata Ketua Komisi I DPRD Riau ini, Jumat (27/8/2021)

Ade mengingatkan Pemprov Riau supaya tidak membiarkan kondisi ini, dan Pemprov melalui Dinas PUPR harus sesegera mungkin memperbaiki jalan itu. Sebab, jalan ini statusnya sudah sangat darurat.

"Bayangkan kalau ada mobil besar jatuh, proses muatnya bisa memakan waktu 3-4 jam. Panjang sekali antreannya, dan faktanya setiap hari ada saja yang jatuh. Kalau anggarannya sudah dialihkan ke Covid-19, pakai dana lain, ini sangat darurat," tuturnya.

Ade sendiri sudah menghubungi Kepala Dinas PUPR, dan Dinas PUPR mengatakan pihaknya akan segera mengirimkan alat berat untuk memfungsionalkan kembali jalan tersebut.

"Kalau diparkir setiap hari ya tidak apa-apa fungsional, ini harus dipermanenkan, jangan sebatas fungsional saja. Pemprov harusnya sudah malu karena sudah sangat sering jalan itu ditanam pisang dan sebagainya, bahkan sudah dibuatkan puisi," ujarnya.

Adapun kerusakan jalan diakibatkan oleh kendaraan bertonase besar yang melebihi kapasitas jalan, akibatnya jalan tidak mampu lagi menahan beban diatasnya. Tentunya ini juga harus menjadi perhatian pihak terkait. ***