ROKANHULU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution menghadiri acara KNPI Kunto Darussalam, di Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Sabtu (30/3/2019) sore. Acara ini pun dihadiri Tarmizi Natar Nasution dan tokoh pemuda Rohul Data Wardana.

Acara yang ditaja KNPI Kunto Darussalam mengambil tema "Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Pemuda dalam Mengisi Semangat Pembangunan Ekonomi Bangsa".

Ketua KNPI Kunto Darussalam, M Hasby Assodiqi mengatakan kepada GoRiau.com, melalui acara ini bagaimana menumbuhkan semangat kewirausahaan pemuda dalam pembangunan ekonomi bangsa.

"Bagaimana saat ini pemuda itu menciptakan lapangan pekerjaan. Bukan meminta kerja. Karena banyak pemuda yang tahunya meminta kerja, bukan membuat lapangan kerja melaluo kewirausahaan," kata Hasby.

Ads
Sementara itu, Edy Nasution mengatakan, bahwa kewirausahaan harus dimulai dari keinginan yang besar. Karena tidak ada kewirausahaan yang baru dimulai langsung besar. Karena semuanya harus dimulai dari nol dan perlu semangat serta tekad yang kuat.

"Ada lima tips yang sangat penting dalam memulai kewirausahaan, yaitu memiliki tekad dan semangat yang kuat, memulai dari bakat dan minat, fokus dan konsisten, mau belajar daro orang sukses untuk mengembangkan usaha, dan tekad yang kuat," ungkap Edy Nasution.

Dalam melakukan kewirausahaan diungkapkan Edy Nasution, kalau kita punya niat yang baik dalam memulai usaha. Juga harus mengubah pola pikir yang selama ini sebagai pencari kerja, tapi jadilah orang yang mampu membuka lapangan kerja.

"Contohnya saja saya pernah melihat ada tukang tambal ban yang memiliki dua karyawan. Sesungguhnya tukang tambal ban ini mampu menghidupi dua orang karyawannya. Sementara kedua karyawannya memiliki anak dan istri. Untuk itu bermanfaatlah untuk kehidupan orang lain," jelas Edy Nasution. (advertorial)