BIMA -- Sebuah video yang memperlihatkan istri Wali Kota Bima, Muhammad Lutfi, Ellya, tengah bernyanyi dan berjoget bersama sejumlah orang yang mengabaikan protokol kesehatan (prokes), beredar luas di media sosial.

Dikutip dari kompas.com, video itu direkam dan diunggah Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Bima, Yuliana, lewat akun Facebook pribadinya pada 22 Februari 2021.

Peristiwa itu terjadi pada acara ulang tahun salah seorang warga di sebuah kafe di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketika bernyanyi, Ellya terlihat menurunkan masker yang dipakainya ke leher. Dia menyanyikan lagu berjudul Kopi Dangdut. Ellya tampak menikmati alunan musik dan bergoyang bersama sejumlah perempuan lain.

Beberapa istri pejabat pun ikut bernyanyi dan berjoget mengikuti irama lagu yang dilantunkan Ellya.

Dalam video itu, juga terlihat beberapa tamu laki-laki ikut bernyanyi dan berjoget. Mereka tak mengenakan masker.

Sekretaris Dinas Pariwisata Yuliana meminta maaf terkait video berjoget bersama istri Wali Kota Bima itu.

Yuliana menyesal telah melanggar protokol kesehatan. Padahal, ada puluhan warga Kota Bima meninggal karena Covid-19.

''Saya menyesal. Baik secara kedinasan maupun secara pribadi, saya menyampaikan permohonan maaf,'' kata Yuliana saat konferensi pers di Dinas Pariwisata, Rabu (24/2/2021).

Yuliana mengaku telah menerapkan protokol kesehatan saat acara itu berlangsung. Saat menghadiri undangan pesta ulang tahun itu, Yuliana memakai masker.

''Kedatangan kami sudah sesuai protokol kesehatan, seperti pakai masker, bawa tisu basah dan hand sanitizer. Di acara juga disediakan tempat cuci tangan,'' ujar Yuliana.

Namun, setelah menyantap hidangan, ia dan para tamu undangan dipanggil penyelenggara pesta untuk menyumbangkan lagu.

Mereka akhirnya bernyanyi dan berjoget sambil menikmati alunan musik dangdut. Saat itu, mereka tak memakai masker karena dilepas saat makan.

Yuliana mengaku joget bersama tanpa memakai masker itu merupakan tindakan spontan.

''Karena memang lagunya dangdut, secara spontan kita joget. Kita diacara itu hanya setengah jam saja,'' jelas Yuliana.

Sementara itu, istri Wali Kota Bima Ellya tidak menampik dirinya ada di dalam video tersebut. Tetapi, ia mengaku menerapkan protokol kesehatan selama acara, termasuk saat bernyanyi.

Padahal, dalam video terlihat Ellya menggunakan masker dengan cara yang salah.

''Saya pakai masker kok dan saya hadir atas undangan sohibul hajat. Saya baru habis makan dan diminta untuk nyanyi, tapi masker enggak pernah saya lepas,'' ujar Ellya melalui pesan singkat, Kamis (25/2/2021).***