SETIAP manusia pasti mempunyai masalah, baik itu masalah ekonomi, kesehatan dan sosial. Ada juga yang hidup dalam berkecukupan, namun mempunyai anggota keluarga yang sakit parah sehingga menghabiskan banyak biaya untuk berobat. Beberapa orang ada yang hidup dalam keadaan sehat namun kekurangan dalam ekonomi, pergi pagi pulang malam hanya untuk mencari sesuap nasi demi keluarga tercinta. Ada juga yang hidup dengan harta melimpah namun tidak bersosial dengan tetangga sekitarnya.

Berbeda dengan Novi Indra Bangsawan, hidup dalam serba kekurangan namun tetap semangat dalam mencari nafkah demi keluarganya. Ia merupakan salah seorang warga kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau.

Aktivitas keseharian Novi adalah dengan mencari kara-kara atau barang bekas dibantu oleh istrinya untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari. Namun sekarang ia tidak bisa mencari barang-barang bekas lagi dikarenakan tangannya infeksi disebabkan gigitan binatang ketika mencari barang bekas pada malam hari. Ia sangat mengharapkan bantuan untuk biaya berobat tangannya.

Sementara itu, anak kedua Novi yang berumur satu tahun lima bulan, yakni Alvian Sofyansah divonis menderita penyakit Hidrosefalus atau kepala air tiga bulan yang lalu. Hidrosefalus adalah menumpuknya cairan di dalam rongga jauh di dalam otak. Kelebihan cairan ini menekan otak dan dapat menyebabkan kerusakan otak. Sebagai seorang ayah, Novi pun ingin sekali mengobati penyakit anaknya tersebut ke rumah sakit, namun karena keterbatasan biaya, beliau mengurungkan niatnya.

GoRiau Tim IZI Riau saat menyambangi
Tim IZI Riau saat menyambangi kediaman keluarga Novi.

Pada hari Kamis (25/06/2020) kemarin, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau menyalurkan bantuan biaya pengobatan serta sembako untuk keluarga Novi. Bahkan, Relawan IZI Riau langsung mendatangi rumah dan melihat langsung keadaan anaknya yang menderita penyakit Hidrosefalus tersebut.

"Dengan adanya bantuan tersebut, kami berharap dapat meringankan beban yang di alami keluarga bapak Novi, tidak tertutup kemungkinan untuk masyarakat yang mempunyai rezeki berlebih untuk membagikan sedikit rezekinya untuk keluarga ini, agar kehidupan mereka bisa normal kembali. Semoga anak bapak Novi segera sembuh," kata Irwan, salah satu Staff Pendayagunaan IZI Riau.

Sementara itu, Novi pun mengucapkan rasa terima kasih yang tidak terhingga untuk IZI Riau yang telah membantu meringankan beban keluarganya.

"Kami ucapkan terima kasih kepda IZI yang telah memberikan sembako serta biaya berobat anak kami. Semoga orang-orang yang berzakat dan berinfak di IZI dimudahkan segala urusannya," ujarnya. ***