SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Dalam pelaksanaan tes tertulis Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Siak pada Minggu (3/11/2013), berjalan dengan lancar. Tidak ada hambatan yang berarti yang ditemui panitia.


Namun, menyangkut fasilitas tempat ujian, peserta mendapat perlakuan yang berbeda. Bayangkan saja, peserta yang lokasi ujiannya di Siak Sport Hall, satu peserta dengan peserta lainnya berjarak lebih kurang 1 m. Mereka tidak bisa melirik jawaban teman sebelanya.


Sementara, salah satu SD di Mempura yang juga digunakan sebagai lokasi ujian CPNS, dalam satu meja ada dua peserta. Kondisi tersebut sangat berbeda dengan lokasi lainnya.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Siak Prawira Rafadi mengatakan tidak ada masalah mengenai tempat. Walaupun peserta berdekatan dan duduk satu meja, namun tetap tidak bisa bekerja sama.


"Karena, soalnya beda antara dia dengan teman sebelahnya," ungkap Prawira kepada GoRiau.com, Minggu (3/11/2013).


Prawira optimis tidak ada celah peserta untuk melakukan tindak kecurangan dalam ujian CPNS, walau duduk berdekatan. "Tidak mungkin mereka bisa kompromi," katanya.


Menurutnya, pengaturan jarak tempat duduk hanya berpengaruh pada konsentrasi peserta. Tentunya, jarak yang berjauhan membuat peserta lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan soal. "Ya, paling hanya berpengaruh pada konsentrasi peserta," kata Prawira.


Benar saja, Reny, salah seorang peserta mengaku risih dengan kondisi tersebut. Ia susah berkonsentrasi dalam menjawab soal. "Jadi gak konsen, ditambah mejanya khusus untuk anak SD," imbuhnya.(san)