PEKANBARU - Pagi ini, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mengambil apel pagi di halaman Kantor Gubernur. Dalam apel yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Syamsuar menyampaikan agar ASN yang mendapatkan tunjangan maksimal, agar diimbang dengan karya yang maksimal juga.

"Tunjangannya sudah besar, ya hasil karyanya juga harus besar. ASN harus bisa membedakan tunjangan yang seimbang, dengan kinerja sesuai tupoksi masing-masing," kata Syamsuar saat memimpin apel pagi, Senin (8/4/2019), sebagaimana dikutip GoRiau.com.Saat ini Pemerintah Provinsi Riau sedang mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sambung Syamsuar. Saat ini, RPJMD sedang dikerjakan dan dalam proses. Untuk itu perlu dukungan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Biro, Bappeda dan instansi lainnya.

"Program 5 tahunan ini tentunya harus sesuai dengan visi dan misi, serta program kerja kami (Syamsuar - Edy Nasution). Sehingga dalam waktu dekat kami bisa mengantarkan RPJMD ke DPRD Riau, untuk bisa disahkan dan dijalankan. Kami tidak bisa bekerja tanpa adanya dukungan dari pegawai (ASN dan honorer) yang handal," ungkap Syamsuar.

Selain itu, Syamsuar juga mengatakan, bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau yang ada tidak mencukupi, sesuai dengan visi dan misi, serta program Syamsuar - Edy Nasution. Untuk itu, diperlukan kelihaian untuk mengambil APBN dari pemerintah pusat. Juga bagaimana memaksimalkan CSR (Corporate Social Responsibility) dari pihak swasta.

Ads
"Untuk membangun daerah tidak hanya dibutuhkan anggaran dari pemerintah daerah, tapi bagaimana pemerintah daerah bisa mengambil anggaran pusat yang sangat besar. Serta dana lainnya yang memungkinkan sesuai aturan," ujar Syamsuar.

Syamsuar saat melakukan kunjungan ke daerah-daerah di Provinsi Riau, yang paling dikeluhkan masyarakat, yaitu infrastruktur dasar. Saat ini dirinya sedang mempersiapkan infrastruktur dasar yang masih menjadi persoalan tersebut.

"Ini yang akan dibenahi terlebih dahulu, sesuai dengan langkah-langkah dan aturan. Karena kemajuan dan perkembangan ekonomi tanpa adanya dukungan infrastruktur, tidak ada artinya. Warga sendiri curhat dengan saya, kami (warga) tidak perlu peningkatan ekonomi, kami warga meminta jalan diperbaiki. Memang benar, infrastruktur yang memadai, secara otomatis akan meningkatkan perekonomian," jelas Syamsuar.

Syamsuar juga mengingatkan dalam waktu dekat akan menghadapi Pemiki 2019, untuk itu mari secara bersama-sama untuk menjaga situasi yang aman, damai dan kondusif. Ia juga menghimbau ASN untuk menggunakan hak pilihnya.

"Tingginya partisipasi keikutsertaan pemilu nanti, merupakan ukuran dari suksesnya pemilu. Selain situasi aman dan damai. Pada raker camat nanti, untuk mengingatkan warga menggunakan hak pilihnya. Kalau mau liburan setelah mencoblos," imbuh Syamsuar.

Syamsuar kembali mengingatkan, karena ASN menjadi contoh. Karena ASN merupakan bagian dari pemerintah. "Harapan saya juga, kiranya warga Riau untuk tidak ikut-ikutan menyebarkan hoax. Mari kita jaga dan kawal pemilu ini dengan damai," kata Syamsuar mengakhiri himbauannya. (advertorial)