PEKANBARU – Cabang Olahraga (Cabor) Gymnastic atau senam di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau akan mempertandingkan sejumlah nomor, diantaranya 6 nomor putra, 4 putri dan juga 4 nomor aerobik gymnastic.

Ahmad Markos, pengurus Persatuan Senam Indonesia (Persani) Riau menuturkan sejumlah nomor seperti beregu dan all round serba bisa tidak dipertandingkan.

"Di putra yang 6 nomor ada lantai, kuda lompat, kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal dan juga palang rings," kata Ahmad Markos, Senin (5/9/2022).

Lanjut pria yang juga merupakan pelatih senam Riau ini untuk 4 nomor kategori putri yang bakal dipertandingkan adalah lantai, balok keseimbangan, kuda lompat dan palang bertingkat.

"Namun alat palang bertingkat tidak digunakan, melainkan yang digunakan palang tunggal. Karena alat kita rusak, jadi yang dimainkan tunggal untuk mencari bibit juga di PON," terangnya.

Sementara untuk aerobik gymnastic 4 nomor yang dipertandingkan adalah nomor trio, double, serta tunggal putra dan putri.

"Kabupaten kota yang menjadi peserta juga saya lihat sangat antusias, sejauh ini 7 Pengkab sudah menjadi peserta," tutupnya.

7 Pengkab yang sudah mengajukan diri sebagai peserta diantaranya adalah Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hilir dan juga Kabupaten Rokan Hilir.

Sebagai informasi pada Porprov X Riau yang akan berlangsung di bulan November 2022 ini Kabupaten Kuantan Singingi akan menjadi tuan rumah, dan untuk Cabor Senam akan dipertandingkan di Aula Kantor Kecamatan Benai. ***