TEMBILAHAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil), melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) akan menggelar Jelajah Eko Wisata Solop (JES) 2017 pada 14 Mei mendatang.

JES ini akan diikuti oleh pesepeda yang mulai mendayung sepedanya dari Ibukota Kabupaten yaitu Tembilahan hingga sampai ke Pulau Cawan, Mandah yang merupakan tempat beradanya Pantai Solop.

Menurut Kepala Disporbudpar Inhil, Junaidi Ismail, saat ini sudah ada 300 pesepeda yang telah mendaftar ingin mengikuti kompetisi yang menyediakan hadiah menarik bagi pemenangnya itu.

Ia juga menjelaskan, JES ini, tidak hanya diikuti oleh pesepeda dari Inhil, namun juga dari kabupaten lain seperti Pelalawan, Pekanbaru, Siak dan Dumai, bahkan dikatakannya ada juga dari Yogyakarta.

''Kita menyelenggarakan JES ini tidak lain untuk mempromosikan Pantai Solop kepada daerah lainnya, sehingga menarik minat para wisatawan untuk datang melihat langsung,'' lanjut Junaidi.

Sebelumnya, para pesepeda dikatakannya sudah ada yang mencoba JES ini, dan ternyata sangat disukai oleh para pesepeda.

''Ketika kita adakan pra JES, banyak juga yang tertarik, meskipun harus menempuh perjalanan ratusan kilo meter, namun tidak ada yang mengeluh, karena pemandangan alamnya luar biasa. Untuk itu, mari ikuti JES nantinya, pasti sangat menyenangkan,'' tukas Junaidi.(*/ayu)