JAKARTA - Provinsi Riau masuk 10 besar destinasi wisata halal (halal tourism) unggulan terbaik di Indonesia. Berdasarkan penilaian Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019, Provinsi Riau menempati peringkat ketiga mengalahkan ibukota negara DKI Jakarta.

Sementara pada peringkat pertama masih dipegang Nusa Tenggara Barat (NTB) dan peringkat kedua Nanggroe Aceh Darussalam. Sedangkan di bawah Provinsi Riau dan seterusnya, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Kementerian Pariwisata meluncurkan program Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019 di lobi lantai 2 Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada Senin (8/4/2019). IMTI 2019 menjadi acuan dalam menstandarisasi global destinasi pariwisata halal Indonesia 2019 dengan mengacu pada Global Muslim Travel Index (GMTI).

GMTI mengadopsi 4 kriteria GMTI yang meliputi, Access, Communication, Environment, dan Services (ACES). Dimana masing-masing kriteria tersebut memiliki 3 komponen penting lainnya.

Ads
Indonesia tahun ini menargetkan menjadi rangking pertama sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia versi GMTI atau berada di posisi teratas dari posisi saat ini berada di ranking kedua bersama Uni Emirat Arab.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menegaskan, Indonesia sebagai salah satu negara yang diperhitungkan dalam industri pariwisata halal (Halal Tourism) dunia. Sebagai pemain global, Indonesia harus menggunakan standar global, yakni IMTI 2019 yang mengadopsi standar GMTI.

Chief Executice Officer Crescen Rating, Fazal Bahardeeen mengatakan, bahwa pariwisata halal di Indonesia memiliki kesempatan baru di sektor pariwisata. Hal ini untuk menarik wisataan muslim dari dunia dan memperluas perkembangan ekonomi.

"Dengan populasi muslim yang besar, potensi wisata halal sangat prospek untuk terus dikembangkan, terlebih keunggulan objek wisata, seperti pantai, keragaman budaya, hingga infrastruktur dasar," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman kepada GoRiau.com mengatakan, bahwa ini merupakan suatu prestasi yang sangat luar biasa bagi Provinsi Riau bisa mendapatkan peringkat ketiga IMTI 2019.

"Ini momentum yang sangat baik bagi Riau untuk mengembangkan pariwisata halal. Kita sudah punya Pergub (Peraturan Gubernur). Apalagi hari ini Gubernur Riau Syamsuar sudah MoU dengan Kemenpar dan tahun 2019 ini Riau rangking 3 Riau dan Kepri sebagai destinasi halal terbaik di Indonesia, setelah NTB dan Aceh berdasarkan Indonesia Muslim Travel Index(IMTI) 2019," ungkap Fahmizal. (advertorial)