PEKANBARU – Universitas Riau (Unri) melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) menggelar Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Kerelawanan Covid-19. Berbeda dengan Kukerta biasanya, kali ini, kegiatan lebih difokuskan sebagai upaya mendukung ‘’perang’’ terhadap pandemi virus Corona (Covid-19).

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa, sesuai dengan bidang keilmuannya melakukan pengabdian kepada masyarakat lewat upaya-upaya kreatif pribadi maupun kelompok untuk ikut mengurangi dampak terinfeksi Covid-19. Seperti yang dilakukan mahasiswa Fakultas Kedokteran Unri, dimana dengan dibantu dosen pembimbing, mereka membuat kegiatan-kegiatan kreatif selama Covid-19.

‘’Sebelum melakukan kegiatan, kami juga dibekali pengetahuan tentang Covid-19 oleh para dosen dan pakar kedokteran yang ada di Universitas Riau,’’ ujar Dinda Adhia mewakili Covolunter yang beranggotakan Dinda Adhia, Khairatul Qalbi, dan Kintan Ayu Fannissa dari Fakultas Kedokteran Unri.

Dijelaskan, selain membuka relawan di Fakultas Kedokteran Universitas Riau, mereka juga membentuk virtual community yang beraggotakan ibu rumah tangga dan mahasiswi yang merupakan kelompok resiko tinggi dalam mengalami stres.

‘’Virtual community ini di bentuk dengan tujuan memberikan edukasi mengenai pentingnya kesehatan mental, juga sebagai media untuk berbagi cerita dan tips-tips yang bisa dilakukan selama di rumah untuk menghindari stres.” ujar Dinda.

Sementara itu, Kintan menambahkan pada kegiatan ini, materi yang diberikan dibungkus dengan cara yang menarik seperti pembuatan poster, pembuatan podcast yang diupload di akun spotify tentang tips menjaga kesehatan mental serta video edukasi di youtube tentang bagaimana cara mengatasi stres saat pandemi Covid-19.

 “Selain edukasi, juga dibuat permainan interaktif berupa bingo dengan tema kesehatan mental saat karantina. Dibuatnya permainan ini diharap dapat menghibur sekaligus memberikan edukasi tentang kegiatan yang bisa dilakukan di rumah untuk menghindari stres.” ungkap Ara.

Mereka berharap, dengan dibentuknya tim Kukerta relawan Covid-19 diharapkan informasi tentang  Covid-19 dapat tersebar luas dan merata di masyarakat terutama mengenai kesehatan mental pada masa pandemi. ***