JAKARTA - Dukungan terbuka Ustadz Abdul Somad (UAS) kepada Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto, disambut warga Nahdliyin.

Dukungan warga Nahdliyin kepada Prabowo pun sontak mengalir di mana-mana, termasuk Jawa Timur, yang selama ini dikenal sebagai porosnya warga Nahdliyin.

"Pertemuan UAS dengan Pak Prabowo pasti berdampak pada bertambahnya suara Nahdliyin yang semakin yakin memilih 02, dan yang sebelumnya di sana, sekarang beralih ke sini," ucap Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad, Kamis (11/4/2019) malam.

Menurutnya, hal itu tak lepas dari popularitas dan gaya dakwah UAS yang selama ini selalu diterima secara positif oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ads
Terbukti, lanjut Sadad, jamaah pengajian UAS selalu membludak, termasuk juga para warga Nahdliyin.

"UAS sangat populer di kalangan Nahdliyin. Apalagi cara berdakwah UAS itu sangat khas ala kiai-kiai Nahdliyin di masa lalu," kata Sadad lagi.

Dukungan dari UAS itu pun diperkirakan bakal menggerus suara pemilih dari kalangan ibu-ibu jamaah Muslimat NU, yang selama ini diklaim berada di kubu 01.

Namun, Sadad belum bisa menghitung persentasenya secara detail soal berapa warga Nahdliyin, termasuk Muslimat NU, yang kini beralih mendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 17 April nanti.

"Saya tidak berani memastikan berapa persentasenya. Yang pasti banyak. Lebih dari itu, figur UAS adalah figur tokoh muslim yang dapat diterima semua kalangan, apapun latar belakang mazhab dan organisasinya," pungkas Sadad.***