ILMUWAN dan ahli biologi akhirnya dapat menentukan spesies ikan yang dapat berenang dengan kecepatan tertinggi di dunia. Spesies ini mengalahkan ikan lain yang telah lama dianggap sebagai perenang tercepat.

Sejak lama, ikan layaran atau sailfish dianggap sebagai perenang tercepat di dunia. Menurut The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), ikan layaran dapat berenang dengan kecepatan hingga 112 km/jam.

Namun ternyata, ada ikan lain yang bisa berenang dengan kecepatan yang lebih tinggi. Ikan tersebut adalah ikan black marlin atau marlin hitam.

Ikan black marlin tercatat pernah menyentuh kecepatan 132 km/jam saat berenang. Kecepatan ini menandingi kecepatan kendaraan di jalan tol yang umumya melesat dengan kecepatan 100 km/jam.

Hewan ini hidup di seluruh perairan tropis dan juga subtropis. Ikan ini dapat ditemukan berenang di dekat permukaan air. Punggungnya yang berwarna biru gelap dan bagian bawahnya yang berwarna perak jadi ciri khas ikan ini.

Ukuran, kecepatan, serta keindahannya membuat ikan marlin hitam menjadi ikan favorit para pemancing. Ikan ini diburu untuk dijadikan santapan atau sekadar dipancing untuk rekreasi.

Selama di laut, ikan marlin hitam memakan ikan-ikan kecil, cumi-cumi, ikan tuna, dan lain sebagainya. Ikan ini berburu secara mandiri di dekat permukaan laut.

Kecepatan black marlin tergolong sangat luar biasa. Jika dibandingkan dengan manusia, peraih medali emas cabang renang, Michael Phelps, hanya mampu menorehkan kecepatan 7,6 km/jam.

Selain itu, kapal selam tercepat di dunia juga hanya mampu menyentuh kecepatan 82,8 km/jam. Kapal selam ini bernama K-222 yang dimiliki oleh Rusia.

Hal ini seolah menyajikan fakta bahwa lautan dikuasai penuh oleh hewan air yang bisa bergerak secepat kilat. ***