PEKANBARU - Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Riau (Ikafe Unri) meluncurkan podcast perdana, Jumat (3/2/2023). Dialog off air ini dilaksanakan di Sekretariat Ikafe Unri, Jl Pattimura, Kota Pekanbaru.

Podcast dipimpin host Muchlis dengan menghadirkan narasumber Ketua Umum Ikatan Keluarga (Ika) Unri Wan Muhammad Hasyim dan pengusaha sukses Aslan Wiguna. Wan mengungkapkan salah satu kunci sukses dalam bisnis adalah keyakinan.

Menurut Wan, dirinya pernah gagal dalam usaha. Namun, berkat kegigihan dan kepercayaan diri, Wan kembali bangkit sehingga usahanya terus berkembang sampai sekarang. "Gagal dalam bisnis itu tidak apa-apa. Kita punya jatah gagal. Tapi itu seharusnya mendorong kita untuk bangkit dan meraih sukses," kata Wan.

Pemilik ratusan minimarket di Jakarta ini menambahkan selain keyakinan, pelaku usaha juga harus bermimpi untuk mencapai target tinggi. Wan mengingatkan ungkapan Presiden Soekarno agar pemuda menggantungkan cita-cita setinggi langit.

Pengusaha yang mempekerjakan lebih seribu karyawan ini berpendapat setiap orang punya potensi sebagai modal untuk meraih sukses. "Potensi itu harus dikembangkan. Saya punya keyakinan potensi sebagai keunggulan setiap orang," kata Wan.

Selain itu, Wan mengingatkan setiap pelaku usaha atau mereka yang ingin terjun ke dunia entreprenuer dituntut jujur dalam manajemen. Menurut Wan, kejujuran menjadi pegangan dalam setiap langkah agar bisnis berjalan baik.

Pendapat sejalan disampaikan Bendahara Umum Ika Unri Aslan Wiguna. Ia mengatakan kejujuran atau integritas harus dimiliki setiap orang, khususnya pelaku bisnis. Menurut Aslan, kejujuran adalah pondasi dalam tindakan yang ditanamkan secara konsisten. "Keahlian atau skill itu banyak. Tapi integritas terbatas. Maka dia nomor satu dan jadi keunggulan," kata Aslan.

Ia menambahkan kejujuran sejalan dengan nilai (value), etika (ethic) dan kepercayaan (trust). Aslan menyatakan semua itu menjadi faktor yang mendorong bisnis berkembang. "Kita harus mulai dari hal kecil, seperti datang tepat waktu. Tidak nyontek saat ujian. Hal seperti ini harus dipupuk dari awal kalau ingin sukses," kata Aslan. (kl2)