TENGGARONG - Muhammad Ziyad Wijaya, bocah berusia 4 tahun, dilaporkan hilang Rabu (18/1/2023) sore, saat bermain sendirian di belakang rumahnya di Muara Jawa, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Pada Jumat (20/1/2023) pagi, Ziyad ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa.

Dikutip dari Inews.id, jasad Ziyad ditemukan warga di atas kepala buaya yang berenang di sungai. Penampakan buaya membawa jenazah tersebut diabadikan sejumlah pekerja yang sedang beraktivitas di perairan Handil 2. Meski dibawa buaya, tidak ditemukan satu pun luka pada tubuh bocah tersebut.

Buaya itu baru melepaskan korban setelah pihak keluarga dibantu sejumlah pekerja di sekitar lokasi mendekat menggunakan sampan untuk melakukan evakuasi.

Kapolsek Muara Jawa AKP Hadriansyah mengungkapkan, jenazah korban ditemukan setelah sejumlah karyawan perusahaan di Handil 2 curiga dengan benda yang mengambang di permukaan sungai yang ternyata berada di atas kepala seekor buaya.

"Karyawan perusahaan PT Meindo melapor ke warga melihat benda yang mengapung menyerupai mayat di perairan Handil 2 Muara Jawa sekitar pukul 06.00 WITA pagi," ujarnya, Jumat (20/1/2023).

Warga kemudian melakukan pengecekan menggunakan perahu dan menemukan sesosok mayat anak kecil. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Muara Jawa dan Basarnas.

"Jenazah korban kemudian langsung dievakuasi dan diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan," ujarnya.

AKP Hadriansyah menambahkan, korban sebelumnya dilaporkan hilang sejak Rabu 18 Januari 2023 lalu. Saat itu, korban sedang bermain di belakang rumah tanpa pengawasan orang tua.

Kakek korban mengingatkan kedua orang tuanya untuk menyuruh anaknya pulang karena sudah menjelang malam. Namun setelah dicari-cari, korban ditemukan.

"Korban lepas dari pengawasan orang tua dan diduga jatuh ke sungai. Ini menjadi peringatan bagi warga untuk mengawasi anak-anak ketika bermain, terutama di pinggir sungai," pungkasnya.***