PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain dan beberapa pejabat utama Polda, Senin (6/3/2017) siang meninjau langsung kondisi jalur perbatasan yang menghubungkan Riau-Sumbar, serta waduk di PLTA Koto Panjang.

Sejauh ini, kondisi jalur sebagian sudah diperbaiki. Material longsor yang menimbun jalan juga telah dibersihkan. Sedangkan jalan amblas ditimbun dengan tanah. Alternatif lain adalah dibangun jembatan darurat.

"Untuk Riau tidak ada masalah, ke Sumbar sudah bisa diakses, khususnya roda dua. Untuk kendaraan berat masih dialihkan dari Kampar melalui Kiliranjao-Kuansing," sebut Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain usai tinjauan langsung, Senin siang.

Polres Kampar terus berkoordinasi dengan Polres Limapuluh Kota, Sumbar terkait percepatan pembukaan akses jalan ini. Kemungkinan dalam beberapa hari ke depan, sudah normal dan dilalui mobil.

Orang nomor satu di kepolisian Riau ini juga sempat meninjau kondisi air waduk di PLTA Koto Panjang. Ia meminta manajemen untuk terus berkoordinasi dengan kepolisian terkait kondisi terkini permukaan air dan pembukaan Spilway (pintu air).

"Kita kesini ingin melihat kondisi yang real, apakah ada potensi berbahaya kapasitas airnya, sehingga berakibat terhadap warga kita di Kampar dan daerah lainnya mengalami banjir," sebut dia kepada GoRiau.com (GoNews Grup).

"Sudah dijelaskan oleh pihak PLTA, potensi (Banjir) itu sudah bisa diantisipasi dan masih bisa dikontrol, jangan sampai banjir terjadi di hilir," singkat dia didampingi manajemen PLTA, pemerintah Kabupaten dan Kapolres Kampar.

Terpisah, Kapolres Kampar, AKBP Edi Sumardi mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah preemtif dan preventif untuk mengantisipasi bila banjir terjadi. Sosialisasi dan himbauan agar masyarakat waspada diupayakan seluruh jajaran Polres dan Polsek.

"Untuk jalan, sebagian kendaraan masih kita alihkan via Kuansing. Tadi pagi saya telpon Kapolres dan Kapolsek (di Limapuluh Kota) sudah bisa dilewati roda dua, percepatan perbaikan terus dioptimalkan," sebutnya memastikan.

"Perbaikan jalan amblas di Sumbar dibantu TNI satuan khusus, nanti ditimbun dan dibangun jalan darurat. Ada skala prioritas, kendaraan berat masih melalui jalur alternatif dan kendaraan biasa bisa lewat," singkat dia. ***