SELATPANJANG - Dihari terakhir pelaksanaan operasi Zebra Lancang Kuning 2021 di kabupaten bungsu di Riau, personel Satlantas Polres Kepulauan Meranti membagikan ratusan masker kepada penumpang kapal dan masyarakat sekitar pelabuhan kempang di wilayah Selatpanjang, Kecamatan Tebingtinggi, Minggu (28/11/2021).

Operasi Zebra dilaksanakan Polres Kepulauan Meranti dari tanggal 15 kemarin sampai dengan 28 November 2021 ini telah selesai dilakukan. Melalui sistem preemtif dan preventif di bidang protokol kesehatan (prokes) serta Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) semua proses operasi dapat berjalan lancar serta sukses.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH melalui Kabag Ops Polres Meranti, AKP Yudi Setiawan SH MH, mengatakan bahwa pelaksanaan giat tersebut selain meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang Kamseltibcarlantas, pihaknya juga memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga Prokes Covid-19 dalam segala aktifitas sesuai dengan tema Operasi Zebra Lancang Kuning 2021.

"Dalam operasi hari ini kita tetap melaksanakan secara humanis, preemtif dan preventif di bidang prokes dan Kamseltibcarlantas sesuai program Polri. Dihari terakhir operasi ini kita lakukan pembagian ratusan masker kepada seluruh penumpang kapal dan masyarakat yang beraktifitas di sekitar pelabuhan kempang wilayah Selatpanjang guna mengedukasi akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus Covid 19," jelasnya.

Lebih lanjut AKP Yudi Setiawan juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 di Kepulauan Meranti sehingga dapat berjalan dengan kondusif dan lancar sebagai upaya bersama memutus mata rantai penyebaran virus asal Wuhan demi kepentingan kesehatan bersama.

"Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak, dimana kelancaran operasi ini tentunya tidak terlepas dari koordinasi dan sinergitas antara instansi Polri, TNI, Pemda serta masyarakat. Selain itu juga saya mengimbau kepada kita semua walaupun operasi zebra ini telah berakhir namun kita harus tetap mematuhi prokes kedepan agar Covid-19 di Kepulauan Meranti segera usai, karena capaian itu tergantung dari kita semua. Tetap patuhi aturan berlalu lintas dan selalu menggunakan masker dalam segala aktifitas nantinya," pungkasnya.***