BENGKULU - Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se Sumatera di Provinsi Bengkulu, Selasa (9/7/2019). Dalam rakor ini, ada lima isu strategis yang dibahas, yaitu Konektivitas Pulau Sumatera-Pulau Jawa. Konektivitas Tol Laut. Konektivitas bagian timur dan tengah Pulau Sumatera. Komoditas unggulan di Pulau Sumatera. Kerjasama antar provinsi di Pulau Sumatera.

Syamsuar menyambut baik lima isu strategis ini yang kedepannya bisa dirasakan juga oleh masyarakat Bumi Lancang Kuning. Dengan adanya konektivitas antara Pulau Sumatera dan Jawa akan membantu perpindahan barang komoditas yang ada di Riau ke Pulau Jawa.

"Dengan adanya Tol Laut akan memudahkan perpindahan barang dari Riau menuju daerah lainnya di Pulau Sumatera dan Jawa. Hal ini akan membantu produsen, seperti petani dan pedagang dalam memudahkan pendistribusian barangnya," ungkap Syamsuar.

Apalagi, banyak komoditas di Riau yang sangat diminati oleh provinsi lainnya di Pulau Sumatera. Hal inintemtunya diikuti dengan kerjasama antar provinsi di Pulau Sumatera untuk meningkatkan roda perekonomian di Provinsi Riau.

"Komoditas unggulan di Riau, seperti kelapa dan sagu sangat diminati provinsi lainnya di Pulau Sumatera. Kita berharap hasil Rakor nantinya menjadi bahan untuk Sumatera mengahadap ke pusat dalam upaya peningkatan perekonomian nasional," kata Syamsuar kepada wartawan.

Senin (8/7/2019) malam, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, menjamu makan malam gubernur se Sumatera di kediamannya. ***