PEKANBARU, GORIAU.COM - Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Riau mencabut 12 atlet berprestasi dari hasil Kejurda Panjat Tebing beberapa waktu lalu untuk diikutkan pada Kejurnas di Semarang, 8-15 Oktober 2013 mendatang.

Ke-12 atlet tersebut terdiri dari 10 putran dan dua putri. Sebelum bertolak ke Semarang, seluruh atlet yang lolos seleksi tadi akan menjalani Training Camp (TC) mulai pekan ini di Venue Sport Climbing kawasan Universitas Riau, Pekanbaru.

Sekretaris Umum Pengprov FPTI Riau Yudhi, Rabu (2/10/2013), mengatakan, TC akan berlangsung hingga keberangkatan tim ke Semarang. "Total tersebut masih bisa berubah, karena selama TC, semua akan diberikan test target," tegas Yudhi.

Namun jika ke-12 atlet tersebut memenuhi target yang diberikan selama menjalani TC, dipastikan akan diberangkat keseluruhannya. "Jadi intinya selama TC seluruh atlet yang bergabung tadi harus bisa memaksimalkan diri," harap Yudhi.

Sementara mengenai target, Yudhi belum mengungkapkan kejaran yang harus dicapai. Namun harapan medali pada kejurnas kali ini datang dari nomor beregu. "Kita belum bisa tentukan, karena kita harus berdasar pada hasil TC nanti," sambungnya.

Kejurnas Panjat Tebing tahun ini akan mempertandingkan ketiga kategori yang ada, mulai dari Speed, Bolder dan Lead. Riau sendiri memastikan tidak akan turun full team. Karena memang kuota maksimal yang disediakan untuk keikutsertaan tiga kategori tadi maksimal 20 peserta.

"Kita berpeluang pada nomor beregur, namun darimananya, kita lihat hasil dari TC nanti. Karena kekuatan ke-12 atlet yang kita punya saat ini hampir merata," tukasnya.

Untuk keikutsertaan, Riau sendiri baru bergabung tahun ini. Karena FPTI Riau baru terbentuk akhir 2011. Sementara tahun 2012 tidak ada Kejurnas Panjat Tebing karena bertepatan dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII. (tri)