PEKANBARU - Banyaknya warga Riau yang lebih memilih Malaka (Malaysia) untuk berobat daripada di Provinsi Riau sendiri, diungkap Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi, karena pelayanan kesehatan di negeri jiran itu lebih baik. Sehingga pasien merasa terobati, jika pergi ke sana.

"Kenapa orang Riau berobat ke Melaka? Bukan karena dokter, tapi soal pelayanan. Bagaimana memberi rasa nyaman dan tenang kepada pasien. Hal ini harus menjadi perhatian bagi semua pihak," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Rabu (27/3/2019), pada Rakerkesda 2019.

Rakerkesda 2019 tersebut mengangkat tema "Kolaborasi provinsi dan Kabupaten/kota dalam Menuju Cakupan Pelayanan Kesehatan Semesta Guna Mewujudkan Riau Bersatu"

"Yang namanya pasien, dia perlu perhatian. Pelayanannya harus menjadi nomor satu, disamping keahlian dan obat yang bagus," ungkap Syamsuar.

Pelayanan kesehatan, dijelaskan Syamsuar, adalah pogram pemerintah daerah dan nasional. Hal ini dalam upaya meningkatkan kualitas manusia. Jadi, masalah kesehatan menjadi perhatian serius bagi pemerintah.

"Harapan kita, ada upaya memperbaiki pelayanan kesehatan sehingga masyarakat benar-benar merasakan nyaman. Apalagi indikator pembangunan manusia itu adalah pelayanan kesehatan," jelas Syamsuar.

Jadi, Syamsuar berharap luruskan nawaitu, sehingga apa yang dilakukan untuk kesehatan di Riau menjadi amal ibadah yang mendapat ridho dari Allah SWT. ***