JAKARTA - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar terus melakukan upaya, agar pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) kreatif di Provinsi Riau dapat memasarkan produk-produknya di pasar dalam negeri dan international.

Salah satu upaya yang dilakukan Syamsuar dalam memajukan ekonomi kreatif di Bumi Lancang Kuning, melalui PT Sarinah (Persero). Adanya kerjasama dengan salah satu BUMN ini, bisa ada peluang memasarkan produk-produk pelaku usaha ekonomi kreatif di Riau. Sehingga, produk ekonomi kreatif Riau dikenal luas masyarakat international.

"Kita berharap dengan adanya pameran singkat ini dapat menduniakan produk-produk UMKM yang ada di Provinsi Riau. banyak potensi yang kita miliki, tinggal bagaimana kita mau berusaha menjemput bola mencari peluang," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Kamis (19/12/2019), usai pameran singkat produk unggulan Provinsi Riau di Sarinah, Jakarta.

Syamsuar sudah membuka lebar pintu bagi pelaku UMKM atau ekonomi kreatif, agar bisa memasarkan produknya ke dunia internasional melalui PT Sarinah. "Semua ini memiliki tujuan, agar pertumbuhan ekonomi masyarakat Provinsi Riau lebih sejahtera," ungkap Syamsuar.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki mengatakan, bahwa ini adalah momen UMKM di Riau untuk bangkit di tengah lesunya perekonomian global.

"UMKM tidak hanya kripik, batik dan akik tetapi juga dunia e-commerce dalam menghadapi industri atau UMKM 4.0. Kita akan tertinggal apabila tidak turut mendigitalisasi atau memodernisasi UMKM atau usaha ekonomi kreatif kita," jelas Teten.

Rebranding juga dibutuhkan, sambung Teten, tetapi harus ada konsolidasi ke sesama pelaku ekonomi kreatif. Jangan terlalu banyak branding, sehingga nantinya malah bersaing ke sesama pelaku usaha.

"Produk-produk di daerah gambut bisa dibranding menjadi produk yang lebih valued (menguntungkan, red). Mengingat Riau berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura. Perlu adanya food processing di Riau, agar pengemasan dapat lebih diterima oleh masyarakat international," papar Teten. ***