PEKANBARU - Perkebunan sawit di Provinsi Riau salah satu sektor yang telah memberikan konstribusi bagi perekonomian masyarakat. Sektor Perkebunan, kelapa sawit merupakan komoditas yang paling luas penyebarannya di wilayah nusantara, salah satunya Provinsi Riau.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, bahwa perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu komoditi strategis yang secara ekonomis, ekologis dan sosial budaya, berperanan penting dalam pembangunan nasional. Dalam acara pembagian premi minyak sawit berkelanjutan untuk petani oleh Asian Agri, Kamis (21/3/2019) di salah satu hotel Pekanbaru.

"Sebagai masyarakat Riau kita harus bangga dengan besarnya potensi kelapa sawit di Riau. Asian Agri sebagai salah satu perusahaan kelapa sawit yang peduli terhadap paktik perkebunan berkelanjutan telah berhasil membawa seluruh petani plasma sebagai mitra mendapatkan sertifikat RSPO," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Kamis (21/3/2019).

Menurut Syamsuar, adanya peran swasta dalam industri kelapa sawit ini, mendorong masyarakat untuk bermitra dalam memajukan perkebunan kelapa sawit di Riau. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Asian Agri.

"Keikutsertaan perusahaan dalam skema sertifikat RSPO juga memberikan keuntungan para petani. Karena mereka bisa menjual produknya ke pasar internasional. Selain itu hasil penjualan kelapa sawit berkelanjutan memberikan keuntungan lebih atau premi yang merupakan hak dan akan dikembalikan kepada petani," ujar Syamsuar.

Premium Sharing, sambung Syamsuar, merupakan pembagian premi dari hasil penjualan minyak sawit berkelanjutan (suistanable palm oil) setiap tahun sejak tahun 2013. Dihasilkan melalui penjualan buah yang dipasok oleh para petani plasma binaan Asian Agri yang tersertifikasi RSPO.

"Premi yang dibagikan selanjutnya akan dikelola oleh masing-masing KUD petani untuk meningkatkan kapasitas para petani. Melalui koperasi, premi akan dibagikan kepada 72 KUD di Provinsi Riau dan Jambi, serta pada hari ini diserahkan secara simbolis premi kepada petani kelapa sawit," ungkap Syamsuar.

Diharapkannya, kerjasama petani dan perusahaan besar bisa diwujudkan dalam pemberdayaan para petani yang efektif dan efisien. Pemerintah daerah berharap agar seluruh perusahaan perkebunan dan petani rakyat nantinya dapat memperoleh sertifikat RSPO. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung upaya-upaya tersebut.

"Melalui kegiatan ini diharapkan percepatan untuk peningkatan produksi perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan didorong dalam bentuk kerjasama perusahaan dengan para petani dalam menjadikan sektor kelapa sawit yang berdaya saing tinggi. Hal ini perlunya dukungan pemerintah, dan dunia usaha dalam industri kelapa sawit berkelanjutan agar sektor agribisnis perkebunan kelapa sawit dapat berkembang dan memenuhi kebutuhan masyarakat," jelas Syamsuar. ***