PEKANBARU - Gubernur Riau (Riau), Syamsuar dalam waktu dekat ini akan mengumpulkan perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan dan kehutanan di Provinsi Riau, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger kepada GoRiau.com. Dikumpulkannya perusahaan di Riau untuk membantu Pemerintah Provinsi Riau mewujudkan Riau 2020 Tanpa Kabut Asap.

"Hal ini juga sudah disampaikan Pak Gubernur dalam surat himbauannya dalam antisipasi karhutla 2020. Bagaimana pun juga, perusahaan harus berperan dalam penanggulangan dan pencegahan karhutla di Riau," kata Edwar, Jumat (3/1/2020).

Dikatakan Edwar, perusahaan perkebunan dan kehutanan di Riau memiliki dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dapat digunakan membantu pemerintah melakukan upaya pemadaman karhutla.

"Selain csr, diharapkan perusahaan juga menurunkan tim melakukan pemadaman, peralatan pemadaman, dan juga mengerahkan helikopternya melakukan waterbombing," ungkap Edwar.

Rencana Syamsuar memanggil dan mengumpulkan pihak perusahaan, sambung Edwar, akan dilakukan Senin (6/1/2020) mendatang. Diingatkan juga, agar yang hadir merupakan pengambil keputusan, bukan perwakilan.

"Kita berharap seluruh perusahaan yang akan diundang nantinya hadir dan mendengarkan langsung paparan Pak Gubernur Riau dan unsur Forkopimda Riau," jelas Edwar. ***