JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut segala pelanggaran lalu lintas mulai dari pengendara yang menaiki trotoar sampai dengan mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan yang tinggi sangat tidak keren.

"Akhir-akhir ini banyak muncul pelanggaran-pelanggaran terhadap prinsip dasar keselamatan di jalan raya, naik trotoar, lawan arus kemudian kecepatan tinggi, nah itu semua sesuatu yang gak keren," ucap Anies dalam kegiatan Milenial Road Safety Festival di kawasan GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/3).

Dia mengatakan jika seseorang tak menjaga keselamatan di perjalanan, maka tujuan dari perjalanan yang dilakukan itu akan hilang. Anies mengingatkan keselamatan berkendara adalah yang paling utama.

"Ini jalan raya nomor satu adalah soal keselamatan, karena tujuan orang menggunakan jalan raya adalah berangkat dari satu titik ke titik lainnya dan sampai dengan selamat. Kalau keselamatan tidak ada, maka tujuan perjalanan jadi hilang," katanya.

Ads
Anies berharap, kegiatan Milenial Road Safety Festival ini bisa mengingatkan soal pentingnya keselamatan berlalu lintas. Dia mengatakan selamat di jalanan adalah hal keren, sementara melanggar aturan lalu lintas tidak.

"Nah sekarang hari ini kita sama sama dengan bikers dengna segala macam motor, melakukan perjalanan dengan mempertimbangkan keselamatan jadi tertib lalu lintas itu keren, memikirkan keselamatan itu keren, justru yang melanggar itu yang nggak keren," sebut Anies.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga menggelar acara touring dengan melibatkan 4.000 peserta dari berbagai komunitas motor di Jakarta pada Sabtu (16/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian Millenial Road Safety Festival.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri yang nantinya akan membuka touring lintas millenial 2019, Inspektorat Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Komjen Pol Setyo Wasisto, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional, Komjen Pol M Iriawan, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Beberapa artis Ibukota juga ikut berpartisipasi mengikuti touring ini, diantaranya adalah Rifat Sungkar, Okan Kornelius, Ramzi, dan Gilang Dirga.***