BANGKOK - Untuk menjadikan Riau lebih baik, disela-sela pertemuan ke 12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit 2019 di Bangkok, Minggu (23/6/2019), Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi bertemu dengan The Asian Development Bank (ADB) membahas dua poin penting.

Dalam pertemuan tersebut, Asian Development Bank menawarkan program Green City dan air bersih (bantuan ADB) kepada Syamsuar, selain membahas RoRo (Roll on Roll off) Dumai - Malaka. Green City untuk Provinsi Riau merupakan konsep untuk meletarikan lingkungan. Caranya dengan mengembangkan sebagian lingkungan dari suatu kota menjadi lahan-lahan hijau yang alami.

"Melalui Green City ini bisa menciptakan kekompakan antara kehidupan alami dari lingkungan itu sendiri dengan manusia dan alat-alat non-alamiah dari manusia. Konsep Green City bertujuan agar terdapat keseimbangan dan kenyamanan kepada manusia yang menghuni dan lingkungan itu sendiri," kata Syamsuar, Senin (24/6/2019).

Tak hanya masalah kerja sama Green City, dikatakan Syamsuar, utusan negeri jiran Datuk Firdaus juga membahas masalah air bersih di Provinsi Riau. Datuk Firdaus juga memperjuangkan kerja sama tiga negara bebas visa, yakni, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Ads
"Kami menilai ini semua adalah kesempatan baik bagi kita semua dalam upaya membangun Riau lebih baik lagi. Kita inginkan agar masyarakat Riau bisa lebih maju dan bisa berkembang," ungkap Syamsuar.

Pada pertemuan ke 12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) disela pelaksanaan KTT ASEAN ke 34. Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi ikut menghadiri acara yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). ***