PEKANBARU - Dalam rangka mendukung percepatan pencapaian herd immunity, Markas Besar (Mabes) Polri gencar lakukan gerakan vaksinasi. Hal tersebut dibuktikan dengan pelaksanaan vaksinasi di Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Rabu hingga Kamis, 22-23 September 2021.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan organisasi Cipayung Plus Riau yaitu GMKI, IMM, HMI, PMII, GMNI, PMKRI, KAMMI dan juga Pemuda Muhammadiyah Riau.

Gerakan vaksinasi bertajuk 'Vaksinasi Merdeka' ini dipusatkan di halaman kampus utama Universitas Muhammadiyah Riau, Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru. Adapun jumlah vaksin yang dipersiapkan adalah 4000 dosis.

"Kegiatan Vaksinasi Merdeka di Universitas Muhammadiyah Riau ini adalah bentuk keseriusan Mabes Polri menyukseskan vaksinasi dalam rangka percepatan pembentukan herd immunity di seluruh penjuru tanah air. Untuk itu, Mabes Polri berkolaborasi dengan organisasi Cipayung Plus Riau dan Pemuda Muhammadiyah Riau. mengajak mahasiswa, milleneal dan masyarakat umum mengikuti vaksinasi ini," kata Korlap yang ditunjuk Mabes Polri untuk kegiatan ini, Hermanto Romora.

Pihaknya, ujar Hermanto, sangat bersyukur atas kesuksesan acara vaksinasi ini, sebab selain memberikan vaksin, pihaknya juga menyerahkan bantuan beras berasal dari Mabes Polri kepada peserta vaksinasi dari masyarakat umum sebanyak 1500 karung beras.

"Ini bukti bentuk kepekaan Mabes Polri terhadap kesulitan masyarakat dalam menghadapi masa pandemi. Hal ini tentu menambah keyakinan masyarakat bahwa institusi Polri berada di pihak rakyat," ungkap Hermanto.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Mubarak, mengatakan gerakan Vaksinasi Merdeka di Universitas Muhammadiyah Riau ini merupakan upaya percepatan pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka.

Dan tentu saja, lanjutnya, ini merupakan bentuk nyata bahwa kampus sebagai salah satu garda terdepan untuk membantu pemerintah menyukseskan vaksinasi di seluruh Indonesia.

"Universitas Muhammadiyah Riau selalu terbuka untuk mendukung percepatan Vaksinasi termasuk untuk Vaksinasi Merdeka hari ini, saya secara khusus berterimakasih kepada Mabes Polri karena mempercayakan Cipayung Plus Riau dan Universitas Muhammadiyah Riau serta Pemuda Muhammadiyah Riau untuk menyelenggarakan kegiatan vaksinasi ini, selanjutnya kami akan lebih siap lagi berkolaborasi dalam program-program lain," terangnya.

Ketua Panitia Pelaksana internal kampus, Jayus menjelaskan, secara umum kegiatan ini sudah berjalan sukses. Meskipun ada beberapa persoalan yang terjadi, salah satunya gagalnya peserta untuk didaftarkan online.

"Kegiatan kita berjalan lancar dan sukses. Namun, evalusi untuk kegiatan ini adalah banyak NIK peserta yang belum tercatat secara online, sehingga gagal untuk divaksin. Saya berharap hal ini menjadi atensi dan ditindaklanjuti dengan sosialisasi yang massif dari pihak terkait," ujar Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau ini. ***