JAKARTA - Setelah DC United dan Inter Milan, Erick Thohir juga membeli klub Leaque One Liga Inggris Oxford United FC (OUFC). Erick pun duduk sebagai Dewan Direksi, di klub yang mempunyai sejarah hebat 125 tahun dalam kancah sepakbola Inggris.

Mirip seperti ketika mengakuisisi Inter Milan, Etho juga bermitra dengan beberapa pengusaha Indonesia guna membeli Oxford United OUFC. Salah satu pengusaha yang disebut sebut adalah Anindya Bakrie yang merupakan mitra Erick dalam bisnis media di Indonesia.

Keikutsertaan Anin, tidak mengagetkan, karena sudah sejak lama keluarga Bakrie menyenangi olahraga dan aktif dalam membina olahraga di Indonesia, seperti sepakbola, tenis, bola basket, dan bulutangkis. Anin sendiri saat itu tercatat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI).

Hematnya Oxford United FC dimiliki oleh kongsian antara konsorsium Indonesia dan Konsorsium Thailand. Mitra Erick dan Anin dari Thailand adalah, Sumrith “Tiger” Thanakarnjanasuth yang menjabat Chairman OUFC.

Kabarnya konsorsium itu berupaya untuk meningkatkan performa Oxford United FC agar bisa naik kelas ke Championship League, kemudian Premier Leaque dalam beberapa tahun kedepan.

Ini merupakan batu loncatan dari konsorsium tersebut untuk berkiprah di persepakbolaan Inggris, karena keterlibatan Sumrith “Tiger” Thanakarnjanasuth sebelumnya di Reading Football Club dan sedangkan Etho berkiprah di Liga Italia serta Liga Amerika. ***